Mengonsumsi dua porsi daging merah dalam seminggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2.(shutterstock/Chatham172)
Mengonsumsi dua porsi daging merah dalam seminggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2.(shutterstock/Chatham172) ( KOMPAS.COM)

Makan Dua Porsi Daging Merah Seminggu Dapat Tingkatkan Risiko Diabetes

21 Oktober 2023 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengonsumsi dua porsi daging merah selama seminggu dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi terbaru yang terbit dalam The American Journal of Clinical Nutrition itu menunjukkan, peningkatan risiko bahkan mencapai 62 persen.

Para penulis studi dari Harvard TH Chan School of Public Health Amerika Serikat menambahkan, risiko tampaknya meningkat seiring tingginya konsumsi daging merah.

"Dan ini berlaku untuk daging merah olahan dan tidak diolah," kata penulis utama dari Departemen Nutrisi, Xiao Gu, dikutip dari WebMD, Jumat (20/10/2023).

Dengan demikian, daging merah yang dimaksud berlaku pula untuk hasil olahan, seperti sosis, daging burger, hotdog, atau lainnya.

Hubungan makan daging merah dan diabetes

Gu mengungkapkan, daging merah biasanya tinggi lemak jenuh dan rendah lemak tak jenuh ganda.

Berdasarkan penelitian, lemak jenuh dapat menurunkan fungsi sel beta pankreas yang memiliki tugas menghasilkan hormon insulin.

Insulin sendiri merupakan hormon yang berguna menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara menyimpan kelebihan gula dalam hati.

Tapi, turunnya fungsi sel beta pankreas akan berimbas pada sensitivitas insulin, sehingga mengakibatkan diabetes tipe 2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm