Buah belimbing adalah buah tropis yang mengandung serat dan vitamin C. Ada banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti mencegah peradangan dan menjaga kesehatan jantung.
Buah belimbing adalah buah tropis yang mengandung serat dan vitamin C. Ada banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti mencegah peradangan dan menjaga kesehatan jantung. ( iStockphoto/Sirikornt)

Berikut 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Buah Belimbing

22 Oktober 2023 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Buah belimbing biasanya menjadi salah satu bahan untuk rujak buah manis, memiliki rasa manis, asam, dan sedikit agak sepat.

Belimbing mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin C, serat, dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Mengonsumsi buah belimbing dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C, pilihlah belimbing yang matang berwarna kuning.

Simak kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan buah belimbing, dikutip dari majalah "Sedap / ED 01 2018" (2018) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Vitamin C

Satu buah belimbing ukuran rata-rata bisa memenuhi separuh kebutuhan harian kita terhadap vitamin C. Kandungan vitamin C akan optimal jika buah dipetik tua, matang, berwarna kuning, dan harum.

2. Antioksidan

Buah belimbing meskipun dipetik tua tetap memiliki rasa asam dan sepat yang mana zat sepat ini adalah antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan dalam buah belimbing dapat menjaga daya tahan tubuh dan menjaga keremajaan sel-sel tubuh.

3. Mineral dan air

Belimbing mengandung banyak air, di dalam saripati ini terdapat vitamin, mineral, gula, dan zat-zat gizi lainnya.  Mineral pada belimbing berupa kalium yang bekerja menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

4. Asam organik lain

Selain asam askorbat dan asam oksalat, belimbing masih memiliki zat asam lain. Zat-zat ini berguna untuk menurunkan kadar lemak darak dan kolesterol.

5. Serat

Buah belimbing sebaiknya dinikmati semua bagiannya sebab bagian tengahnya kaya akan serat. Serat pada belimbing akan membantu melancarkan buang air besar, dalam jangka panjang serat dan antioksidan dapat mencegah penyakit saluran cerna seperti kanker usus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Buah Belimbing", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/21/220300075/5-kandungan-nutrisi-dan-manfaat-kesehatan-buah-belimbing.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm