Ilustrasi kopi dan teh(Freepik.com)
Ilustrasi kopi dan teh(Freepik.com) ( KOMPAS.COM)

Mana yang Lebih Sehat untuk Diminum di Pagi Hari, Kopi Vs Teh?

23 Oktober 2023 15:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kopi dan teh adalah minuman yang sering dicari oleh kebanyakan orang ketika mereka bangun tidur.

Kedua minuman itu mengandung kafein yang bermafaat untuk memberikan dorongan energi dan tenaga di pagi hari.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melaporkan bahwa mengonsumsi hingga 400 miligram kafein per hari masih dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Dikutip dari Forbes, kafein dapat meningkatkan energi dan fokus, dan, dalam jumlah sedang, dapat menurunkan risiko depresi, penyakit parkinson, fibrosis hati, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Sama-sama bermanfaat, lantas, lebih sehat mana minum kopi atau teh di pagi hari?

Pengaruh kafein di pagi hari

Satu cangkir kopi hitam seberat 8 ons mengandung sekitar 95 miligram kafein, sedangkan teh hitam dalam jumlah yang sama mengandung 48 miligram. Sementara itu, secangkir teh hijau mengandung sekitar 29 miligram kafein.

Dalam contoh ini, efek kafein akan paling mudah dirasakan saat menikmati secangkir kopi. Tapi, sebagian besar manfaat kafein sangat bergantung pada kecenderungan genetik peminumnya.

“Kami memetabolisme kafein di hati, dan beberapa orang mengalami mutasi genetik yang membuat mereka memetabolisme kafein dengan cepat atau lambat,” kata ahli diet terdaftar dan salah satu pendiri Culina Health, Tamar Samuels, dikutip dari huffpost.

“Cara terbaik untuk menilai toleransi Anda adalah dengan memantau gejala dan berkonsultasi dengan ahli gizi,” lanjutnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm