Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Arti Kode 0.9 atau 1.1 di Tutup Radiator, Jangan Salah Beli

23 Oktober 2023 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tutup radiator sekilas merupakan benda kecil dan sepele, tapi komponen ini memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan suhu kerja mesin pada mobil.

Tutup radiator tertulis kode 0.9 atau 1.1, ini menandakan ada perbedaan satu dengan lainnya. Sehingga, konsumen tidak boleh salah beli agar tidak terjadi masalah pada sistem pendingin mesin.

Lantas, apa maksud dari kode tersebut dan apa dampaknya bila sampai salah pasang?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan kode yang tersemat pada tutup radiator adalah batas kemampuannya dalam menahan tekanan.

“Bukan berarti semakin tinggi angkanya semakin baik karena semakin kuat, kode tersebut sebetulnya merupakan angka besaran tekanan dalam satuan bar, artinya bila tekanan dalam radiator mencapai angka tersebut maka katup akan membuka dan membuat alirannya berubah,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Pria yang mendirikan bengkel Spesialis Nissan & Datsun di Mlati, Sleman, Yogyakarta ini mengatakan secara kasat mata tutup radiator tidak terlihat membuka dan menutup tapi di dalamnya ada dua katup yang arahnya berbeda.

Kode yang tertera pada tutup radiator itu bisa dibaca sebagai titik di mana katup tekanan tinggi akan terbuka sehingga aliran air radiator bisa menuju ke tangki reservoir.

“Ketika katup tekanan tinggi terbuka, maka akan membuat tekanan dalam saluran radiator stabil atau tidak melebihi batasnya, sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada komponen radiator atau pun mesin,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan ada alasan tertentu kenapa setiap mobil memiliki batas tekanan yang berbeda, sehingga tutup radiator tidak boleh salah pasang.

“Angka pada tutup radiator sudah ditetapkan, artinya sebelum mobil diedarkan sudah diuji oleh produsen berapa tekanan maksimalnya, jika sampai batasan ini berubah akibat salah pasang tutup radiator maka mesin dan saluran radiator akan menerima tekanan berlebih,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm