Ilustrasi lontong balap khas Surabaya.
Ilustrasi lontong balap khas Surabaya. ( Dok. Shutterstock/adie.foodtography)

Masakan Bumbu Petis Gurih Segar, Berikut Resep Lontong Balap Surabaya

24 Oktober 2023 17:18 WIB

SonoraBangka.id - Kamu termasuk pencinta masakan berbumbu petis? Di Surabaya, ada kuliner andalan dengan kuah bumbu petis udang yang gurih lezat, ditambah dengan isian mi, tahu goreng, dan taoge rebus yang melimpah. 

Selain itu, ada bahan pelengkap lainnya seperti lento yang mana terbuat dari kacang tolo dan tepung sagu. Umumnya, lontong balap dihidangkan dengan sate kerang, tetapi kamu bisa menyesuaikan dengan bahan yang ada di sekitar rumah.

Bahan untuk membuat kuahnya, cukup dengan menghaluskan petis, kecap, bawang, dan air kaldu ayam atau sapi.

Selengkapnya, simak lontong balap surabaya dari buku "95 Aneka Resep Menu Katering" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, bikin untuk 4 porsi makan.

Resep lontong balap surabaya

Bahan

4 buah lontong, siap pakai

2 buah tahu putih, goreng, potong

Bawang goreng secukupnya

Seledri cincang secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm