Pj Bupati Bangka M Haris memantau upaya pemadaman api Karhutla di Lintas Timur Desa Aik Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (25/10/2023).
Pj Bupati Bangka M Haris memantau upaya pemadaman api Karhutla di Lintas Timur Desa Aik Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (25/10/2023). ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya )

Sering Terjadi Karhutla, Pj Bupati Bangka M Haris Tinjau Lintas Timur

25 Oktober 2023 20:32 WIB

SonoraBangka.id - Hampir tiap hari terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lintas Timur Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Pada hari ini, Rabu (25/10/2023) saat kembali terjadi karhutla di Lintas Timur, Pj Bupati Bangka M Haris yang mendapatkan informasi mendatangi lokasi.

Ia memantau langsung relawan Laskar Sekaban bersama Pemkab Bangka yang berupaya memadamkan api yang meluas.

"Meninjau upaya pemadaman api oleh relawan Laskar Sekaban bersama PMK Pemkab Bangka Karhutla Lintas Timur. Terimakasih Laskar Sekaban yang peduli dan terus membantu pemadaman kebakaran selama ini," ucap Haris 

Haris mengakui saat ini terjadi kerusakan kendaraan pemadam kebakaran milik PMK Pemkab Bangka.

Hal ini menjadi perhatian dirinya ke depan agar sarana dan prasana PMK Pemkab Bangka dapat standby.

Siaga dan siap melayani masyarakat yang butuh bantuan.

"Ini jadi perhatian sebab sangat vital, sarana dan prasarana PMK seharusnya dalam kondisi stanby dan selalu siaga. Tapi memang saat ini dua mobil PMK dalam kondisi rusak cuma mengandalkan mobil tangki yang juga umurnya sudah tua," kata Haris. 

Terlepas hal tesebut Haris juga meminta masyarakat untuk berpartisipasi terkait karhutla, sebab hampir semua kebakaran diduga akibat kesengajaan atau kecerobohan warga. 

"Kita minta lah warga ikut menjaga jangan sengaja membakar semak atau membuang puntung rokok sembarangan yang menyebabkan kebakaran yang meluas seperti ini," imbau  Haris.

Seperti yang terjadi di Lintas Timur yang tidak mungkin tiba-tiba terbakar sendiri.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kerap Terjadi Karhutla, Pj Bupati Bangka M Haris Tinjau Lintas Timur, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/25/kerap-terjadi-karhutla-pj-bupati-bangka-m-haris-tinjau-lintas-timur.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm