Baterai motor listrik jenis Super Graphene(KOMPAS.com/daafa)
Baterai motor listrik jenis Super Graphene(KOMPAS.com/daafa) ( kompas.com)

Ini Jenis Untuk Baterai Motor Listrik yang Aman di Segala Kondisi Cuaca

25 Oktober 2023 21:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Masyarakat Indonesia dianggap masih harus beradaptasi dengan kendaraan listrik, khususnya motor listrik, walaupun jumlah penggunanya sudah cukup banyak.

Anggapan ini disampaikan oleh Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menurutnya, masyarakat masih belum bisa sepenuhnya membiasakan diri saat menggunakan motor listrik.

Satu kebiasaan kurang baik yang dia sampaikan, contohnya adalah menggunakan motor listrik sampai kapasitas baterai mencapai nol persen, alias dipakai nonstop tanpa dicas.

“Padahal kalau pemakaiannya seperti itu, jelas motor listrik bisa rusak,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (21/10/2023).

Selain itu, ada pula beberapa sikap perawatan khusus yang sangat dianjurkan bagi pemilik motor listrik, misalnya menjaga supaya suhu selalu optimal dan tidak overheat.

Menimbang sikap pembiasaan masih harus ditingkatkan, Ganesha menyarankan supaya masyarakat memilih motor listrik dengan daya tahan kuat.

Motor listrik dimaksud adalah yang menggunakan baterai jenis Sealed Lead Acid (SLA) alias baterai blok. Jenis ini dianggap lebih kuat dibandingkan lainnya, seperti lithium ion, polimer, atau ferro phospate.

“Ada juga model SLA yang sudah dilengkapi grafit (super graphene), daya tahannya lebih kuat dan cukup tahan cuaca juga. Cocoklah dengan karakter pengguna kita,” ucap dia.

Penjelasan yang sama juga disampaikan oleh Adyta Muhammad Sina, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik EV Centrum. Dia mengakui jika baterai jenis SLA memang jauh lebih tangguh dan cukup tahan banting.

“Mau dipakai panas-panasan atau kedinginan juga masih aman. SLA itu memang badak, lebih kuat daripada lithium,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Minggu (22/10/2023).

Selain lebih kuat, perawatan baterai jenis SLA juga jauh lebih murah dibandingkan lithium. Perbandingan biayanya juga terpaut cukup jauh.

Kendati demikian, performa baterai SLA tentu belum bisa menandingi lithium, dari segi efisiensi daya, kekuatan discharge, dan output daya listrik.

“Bagusnya SLA cuma dia kuat, itu aja,” ucap Adyta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman di Segala Kondisi Cuaca", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/25/091200515/ini-jenis-baterai-motor-listrik-yang-aman-di-segala-kondisi-cuaca.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm