Ilustrasi apakah pisang bisa membuat tidur nyenyak?
Ilustrasi apakah pisang bisa membuat tidur nyenyak? ( Freepik/KamranAydinov)

Berikut Ini 3 Cara Simpan Pisang Matang agar Tidak Busuk

26 Oktober 2023 06:37 WIB

SonoraBangka.id - Pisang tidak membutuhkan waktu lama untuk matang. Buah ini cepat matang dalam hitungan hari bila disimpan di ruangan hangat. Jika tak ingin mengonsumsi pisang dalam waktu dekat, tetapi buahnya terlanjur matang, tidak perlu khawatir.

Kamu masih bisa menyimpan pisang matang dalam waktu lama hingga berbulan-bulan di freezer. Dilansir dari The Spruce Eats, simak tiga cara menyimpan pisang matang berikut ini. 

1. Kupas pisang

Buang kulit pisang saat akan membekukan buahnya. Kulit pisang akan semakin menghitam dan lembek bila disimpan terlalu lama. Akhirnya, kualitas pisang menurun, baik dari segi aroma maupun tekstur selama disimpan. Mengupas pisang matang sebelum disimpan dapat menjaga kesegarannya hingga satu bulan di freezer.

2. Simpan pisang utuh tanpa kulit

Setelah dikupas, kamu bisa menyimpan pisang utuh tanpa dipotong ke dalam freezer. Siapkan wadah tahan beku untuk menaruh pisang matang. Labeli wadahnya dengan tanggal untuk mengetahui waktu penyimpanannya. Gunakan pisang matang yang sudah dibekukan untuk membuat roti, muffin atau smoothie.

3. Iris pisang dan bekukan

Memotong pisang sebelum menyimpannya dalam waktu lama bisa memudahkan penggunaan buah ini kapan saja. Selain memotongnya, kamu dapat menyimpan pisang matang dalam porsi tertentu di wadah terpisah.

Namun, jangan langsung menyimpan potongan pisang matang di freezer karena akan menggumpal. Biarkan potongan pisang disusun rapi di atas loyang beralas kertas minyak, lalu bekukan selama dua jam. Kemudian, ambil potongan pisang matang dan masukkan ke wadah baru untuk dibekukan lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Pisang Matang agar Tidak Busuk, Kupas Dulu Kulitnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/160700275/3-cara-simpan-pisang-matang-agar-tidak-busuk-kupas-dulu-kulitnya?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm