Salah satu mobil listrik konsep Honda di JMS 2023(KOMPAS.com / Aditya Maulana)
Salah satu mobil listrik konsep Honda di JMS 2023(KOMPAS.com / Aditya Maulana) ( KOMPAS.COM)

Mobil Listrik Honda di Masa Depan Bakal Menggunakan Solid State Battery

28 Oktober 2023 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Honda Motor Co., Ltd terus berinovasi dalam menghadirkan kendaraan listrik di masa depan. Salah satu langkah yang dilakukan, yaitu mengembangkan baterai agar memiliki keunggulan lebih dibanding generasi sebelumnya.

Toshihiro Mibe, Director President and Representative Executive Officer Honda Motor Co., Ltd mengatakan, salah satu yang lagi dikembangkan yaitu penggunaan solid state battery untuk kendaraan listrik Honda di masa depan.

"Kita sedang mengembangkan generasi selanjutnya dari baterai. Ada dua, yaitu semi solid state battery, dan terbaru solid state battery penuh," ujar Mibe di Plaza Aoyama, Tokyo, Jepang, Jumat (27/10/2023).

Mibe menjelaskan, bahwa keunggulan dari baterai tersebut cukup banyak terutama dari sisi biaya produksi, hingga keamanan yang tentunya tidak gampang terbakar seperti jenis baterai generasi sebelumnya.

"Akan tetapi teknologi dan produksinya sangat rumit,  sehingga butuh pengembangan yang matang. Saat ini sudah mulai dicoba disalah satu model konsep yang nantinya akan masuk jalur produksi massal," tutur Mibe.

Beberapa waktu lalu Mibe pernah mengatakan, salah satu biaya terbesar yang menjadi tantangan pada kendaraan listrik adalah baterai, di mana hal ini membuat mobil listrik bisa 40 persen lebih mahal. Honda pun berharap bahwa teknologi baterai baru ini bisa menanggulangi masalah tersebut.

Perlu diektahui, Solid State Battery ini berbeda dengan baterai lithium-ion yang masih digunakan untuk kendaraan listrik masa kini, yang memakai elektrolit cair untuk menghantarkan arus listrik.

Sementara baterai solid-state mengganti material tersebut dengan bahan lebih stabil seperti keramik. Maka dari itu, dipercaya akan mengurangi ukuran dan biaya paket baterai ketika masuk jalur produksi massal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Listrik Honda di Masa Depan Bakal Pakai Solid State Battery", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/28/102200215/mobil-listrik-honda-di-masa-depan-bakal-pakai-solid-state-battery.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm