Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Transmisi Mobil Matik Bisa Overheat, Pahami Untuk Risiko dan Antisipasinya

31 Oktober 2023 18:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Overheat atau panas berlebih rupanya tidak terjadi pada mesin mobil saja, melainkan bisa terjadi juga pada transmisi matik.

Pengoperasian mobil matik secara ekstrem dapat menyebabkan transmisi terbebani sehingga olinya menjadi panas berlebih.

Lantas, apa risiko bila sampai transmisi matik mengalami overheat?

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan overheat pada transmisi matik terjadi lantaran adanya perbedaan putaran antara mesin dan laju kendaraan.

“Ketika putaran mesin atau Rpm tinggi dan terjadi selip di dalam torque converter sangat besar maka oli transmisi akan menjadi lebih panas, sehingga diperlukan pendinginan yang memadai,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Tak seperti transmisi manual, menurut Jamal transmisi matik membutuhkan oli dengan suhu kerja stabil pada batasannya supaya kekentalan oli cukup untuk bekerja pada putaran maksimal tapi tidak sampai merusak.

Jamal mengatakan komponen-komponen transmisi matik, seperti clucth & brakebisa rusak bila sampai suhu olinya di atas ambang batas.

“Pengguna sebaiknya tidak memaksakan mobil matik dengan membuat mesin berputar terlalu kencang namun laju mobil pelan, biasanya ini terjadi di tanjakan atau saat mobil menerima beban berat,” ucap Jamal.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pada transmisi matik terdapat pendingin oli yang mengambil pada sistem pendingin mesin. Harapannya, oli matik tidak cepat mengalami overheat.

“Selain itu, pada transmisi matik juga terdapat sensor suhu oli, sensor ini akan memberikan informasi ke TCM dan mengamankan komponen ketika terjadi panas berlebih dengan membatasi performanya,” ucap Jamal.

Maka dari itu, pengemudi sebaiknya tidak membebani transmisi matik dengan membuat putaran mesin tinggi sementara laju mobil pelan dalam waktu yang lama. Semakin banyak selisih putaran mesin dengan kecepatan kendaraan akan membuat suhu oli transmisi makin mudah naik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transmisi Mobil Matik Bisa Overheat, Pahami Risiko dan Antisipasinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/31/102200815/transmisi-mobil-matik-bisa-overheat-pahami-risiko-dan-antisipasinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm