Sambal tomat.
Sambal tomat. ( Dok. Shutterstock/Rosdaniar)

Salah Satunya Bisa Dikeringkan, Berikut Ini 4 Cara Awetkan Tomat

2 November 2023 06:28 WIB

SonoraBangka.id -  Tomat merupakan buah yang dapat menambahkan rasa asam yang khas pada masakan. Tomat sering digunakan dalam pembuatan masakan, minuman, bahkan camilan sebagai saus cocolan. 

Kamu bisa menyimpan tomat agar lebih awet di dalam freezer, namun tidak hanya itu saja, tomat dapat dikeringkan, hingga dibuat saus tomat agar tahan lama.

Simak cara awetkan tomat agar bisa digunakan untuk stok bumbu berbagai masakan, dilansir dari laman Martha Stewart, berikut selengkapnya.

1. Letakkan dalam stoples

Siapkan stoples kaca baru dengan tutup rapat yang kedap udara. Cuci bersih tomat dan keringkan. Kupas kulit tomat jika ingin disimpan dalam stoples.

Susun tomat secukupnya di dalam stoples beri air sampai penuh dan garam sebagai pengawet alami.  Tomat kalengan ala rumahan ini dapat awet hingga satu tahun apabila disimpan di tempat gelap, sejuk dan kering.

2. Mengeringkan tomat

Pilih tomat yang matang berkualitas baik, bisa menghasilkan rasa yang sama saat dikeringkan. Mengeringkan tomat dengan alat dehidrator atau oven dengan suhu rendah, sebab suhu rendah akan membantu mengawetkan beberapa molekul rasa halus yang mudah menguap.

Tomat sebaiknya disebar dan diberi jarak saat ditata di atas loyang agar proses pengeringan cepat dan merata. Pastikan tomat dehidrasi dan dingin sepenuhnya, sebelum disimpan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Tomat kering dapat dijadikan kaldu sayuran dalam masakan.

3. Saus tomat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm