Ilustrasi terong ungu, tanaman terong ungu. (SHUTTERSTOCK/AMADEOMAJA)
Ilustrasi terong ungu, tanaman terong ungu. (SHUTTERSTOCK/AMADEOMAJA) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Terong Memicu Radang Sendi?

4 November 2023 17:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Terong adalah salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. 

Namun demikian, beberapa orang justru mengeluhkan nyeri sendi setelah mereka mengonsumsi terong.

Terong yang termasuk ke dalam keluarga nightshade (terong-terongan) disebut-sebut menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita radang sendi (arthritis). 

Beberapa orang percaya bahwa solanin yang terkandung dalam sayuran nightshade dapat menyebabkan peradangan atau membuat peradangan semakin parah.

Lantas, benarkah terong menyebabkan radang sendi atau arthritis?

Benarkah terong menyebabkan radang sendi?

Dilansir dari Arthritis, ahli diet terdaftar Cristina Montoya menjelaskan bahwa sayuran nightshade mengandung zat yang disebut solanin.

Solanin adalah sejenis alkaloid yang beracun bila dalam jumlah besar dan dapat memicu peradangan.

Kendati demikian, kandungan alkaloid ini hampir seluruhnya ditemukan pada daun dan batang terong, dan bukan pada bagian yang biasanya orang makan.

Montoya mengatakan, tidak semua orang dengan nyeri sendi yang menghilangkan terong atau apapun jenis sayuran nightshade dari menunya mengalami pengurangan nyeri sendi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm