Apa yang terjadi pada tubuh ketika terlalu banyak mengonsumsi gula?(SHUTTERSTOCK/Iasmina Calinciuc)
Apa yang terjadi pada tubuh ketika terlalu banyak mengonsumsi gula?(SHUTTERSTOCK/Iasmina Calinciuc) ( KOMPAS.COM)

Ini yang Terjadi Saat Berhenti Mengonsumsi Gula dalam 30 Hari

5 November 2023 16:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gula sering dianggap sebagai salah satu penyebab dari beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes. Terlebih, apabila makanan tinggi gula dikonsumsi secara rutin terus menerus.

Menurut penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine pada Februari 2023 menunjukkan, konsumsi gula berlebih dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan gangguan metabolisme dikutip dari Healthshots (16/8/2023).

Untuk mencegah risiko masalah kesehatan tersebut, penting untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi makanan mengandung gula secara signifikan. 

Dalam upaya menghentikan konsumsi gula tambahan, beberapa orang bahkan mengikuti tantangan “tanpa gula”. Dalam hal ini, mereka akan penghentian segala bentuk gula tambahan untuk jangka waktu tertentu, seringkali 30 hari.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika berhenti mengonsumsi makanan mengandung gula dalam 30 hari?

Berhenti mengonsumsi gula selama 30 hari

1. Menurunkan berat badan

Mengurangi asupan gula atau tidak mengonsumsinya selama sebulan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena menghilangkan kalori kosong dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Selain itu, tinjauan bukti dalam studi Diabetes Klinis tahun 2021 menemukan bahwa konsumsi gula tambahan yang berlebihan berkontribusi terhadap kelebihan berat badan dan obesitas.

Asupan gula tambahan yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan lemak visceral, yaitu jenis lemak yang berada di sekitar organ.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm