Ilustrasi kendaraan listrik.((Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo))
Ilustrasi kendaraan listrik.((Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo)) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Fasilitas Untuk Uji Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

5 November 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kehadiran fasilitas pengujian baterai kendaraan bermotor listrik, merupakan salah satu elemen yang penting dalam mendorong terciptanya ekosistem elektrifikasi kendaraan. Sehingga mampu meningkatkan daya saing nasional.

Fasilitas itu pula, menjadi faktor yang menyempurnakan alur industri baterai kendaraan listrik serta mengurangi ketergantungan dengan negara lain.

Demikian dikatakan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono saat mengunjungi Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik (BBSPJIBBT) Kementerian Perindustrian di Bandung, Jawa Barat.

"Fasilitas lab pengujian unit baterai kendaraan listrik perlu didorong untuk tersedia di Indonesia, sehingga tidak bergantung pada fasilitas di negara lain," kata Diaz dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11/2023).

Keberadaan fasilitas ini pun dinilai selaras dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan potensi Indonesia pada industri kendaraan listrik.

“Rantai produksi dari kendaraan listrik idealnya dapat tersedia di Indonesia ke depannya secara keseluruhan, termasuk salah satunya fasilitas lab uji baterai kendaraaan listrik ini,” ujar Diaz.

BBSPJIBBT sejauh ini telah memfasilitasi pengujian untuk baterai cell yang biasanya digunakan untuk powerbank, handphone, hingga laptop. Dengan kapasitas tersebut, fasilitas lab pengujian baterai kendaraan listrik berpotensi untuk dibangun di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Fasilitas Uji Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/05/100100415/pentingnya-fasilitas-uji-baterai-kendaraan-listrik-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm