Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON(Dok. Formula E)
Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON(Dok. Formula E) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta Untuk Ban Mobil Punya Masa Kedaluwarsa

5 November 2023 18:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak sedikit konsumen yang tidak mau membeli ban lama saat akan ganti ban dan memilih ban produksi baru. Sebab ban lama atau tahun produksi lama dianggap ban kedaluwarsa.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, ban pada dasarnya tidak punya masa kedaluwarsa karena ban bukan makanan.

"Ban itu sebetulnya bukan makanan sedangkan yang ada kedaluwarsa itu makanan," kata Billy kepada Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

"Jadi pada dasarnya ban itu hanya memiliki tahun produksi, dan tahun produksi ini sebetulnya bukan patokan kedaluwarsa selama menyimpannya bagus dan benar," kata Billy.

Billy mengatakan, selama penyimpanan baik dan benar kondisi ban akan tetap terjaga. Sehingga patokan kondisi ban yang bagus bukan hanya berdasarkan umur produksi namun pada penyimpanan.

"Antara ban baru dan lama, ban lama disimpan dengan benar sedangkan ban tahun produksi baru disimpan sembarangan, kena hujan dan matahari, dalam satu bulan kalau kita bandingkan mana yang lebih rusak pasti yang ban baru karena terkena faktor eksternal," ujarnya.

Namun demikian kata Billy, pabrikan ban memang memberikan masa garansi ban cuma selama lima tahun.

"Pertama selama gudangnya tidak terkena matahari langsung kemudian temperaturnya juga terkontrol, terus tidak terkena oli, api dan segala macam itu ban tersebut bisa bertahan sampai lima tahun," katanya.

"Semua pabrikan ban memberi garansi lima tahun dari tahun produksi," kata Billy.

"Setelah lima tahun itu sudah di luar masa garansi karena apa, di sini ada namanya aging (penuaan) apalagi kalau penyimpanan ban tidak baik," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta Ban Mobil Punya Masa Kedaluwarsa", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/05/110100015/mitos-atau-fakta-ban-mobil-punya-masa-kedaluwarsa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm