Hankook Tire meluncurkan tiga ban baru untuk pasar Indonesia, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.com/Gilang)
Hankook Tire meluncurkan tiga ban baru untuk pasar Indonesia, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Cara Benar Untuk Simpan Ban, Berdiri atau Ditumpuk?

6 November 2023 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat berada di toko ban mobil biasanya ada dua cara penyimpangan ban yang sering dilihat, pertama ban disimpan berdiri dan kedua disimpan dengan cara ditumpuk.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, dua cara tersebut benar namun standar penyimpanan ban yang dianjurkan ialah dengan cara berdiri.

"Kalau secara standar penyimpanan ban itu seharusnya berdiri. Tapi kalau misalkan terpaksa ditumpuk itu ada maksimumnya," ujar Billy kepada Kompas.com yang ditemui belum lama ini.

"Maksimumnya itu untuk mobil penumpang itu ditumpuk 10 ban, tapi kalau untuk ban SUV atau ban-ban berat maksimal 5 unit. Kenapa sebab makin berat maka ban paling bawah akan deformasi," ujarnya.

Billy mengatakan, kriteria yang dimaksud ban penumpang ialah ban-ban ukuran kecil dengan lingkar mulai 13 inci sampai 15 inci.

Adapun deformasi ialah perubahan bentuk ban. Ban dilarang disimpan dengan cara ditumpuk terlalu banyak sebab kalau dinding ban sudah berubah bentuk alias penyok akan sulit kembali ke bentuk awal.

"Ban tersebut itu bahan baja di mana kalau terkena tekanan yang lama dia akan deformasi. Nah ketika itu sudah deformasi maka akan sulit untuk mengembalikannya," katanya.

"Maka dari itu kita batasi. Sebetulnya yang namanya ban mau ditumpuk berapapun bisa tapi kita batasi agar ban paling bawah yang menerima beban paling besar lebih awet," ujar Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Benar Simpan Ban, Berdiri atau Ditumpuk?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/112200715/cara-benar-simpan-ban-berdiri-atau-ditumpuk-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm