Ilustrasi sop ikan patin kuah bening.
Ilustrasi sop ikan patin kuah bening. ( DOK.SHUTTERSTOCK/GANDI PURWANDI)

Tambah Bahan Asam, Berikut 8 Tips Masak Sop Ikan agar Tidak Amis

8 November 2023 15:32 WIB

SonoraBangka.id - Bagi pemula, mengolah ikan dengan cara direbus bisa dibilang susah gampang. Pasalnya, jika tidak dibersihkan dan diolah dengan benar membuat hidangan memiliki aroma amis yang merusak suasana makan.  Dilansir dari beberapa sumber, simak tips masak sop ikan agar baunya sedap dan tidak meninggalkan bau amis berikut ini. 

1. Pakai ikan jenis apapun yang masih segar

Dilansir dari buku "Ikan Bakar Populer" oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, selalu gunakan ikan yang masih segar. Ciri dari ikan yang masih segar adalah insangnya berwarna merah dan matanya bersih. Selain itu, kamu bisa menggunakan jenis ikan apa saja.

2. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis

Selain menggunakan ikan segar, pastikan untuk menggunakan air jeruk nipis untuk melumuri ikan. Cara ini agar ikan tidak menjadi amis. Sebelumnya, keringkan ikan dengan tisu dapur kemudian lumuri dengan air jeruk nipis. Tunggu 10-15 menit hingga bau amisnya berkurang.

3. Lumuri dengan susu

Selain menggunakan air jeruk nipis, kamu bisa menghilangkan bau amis dari ikan dengan cara merendamnya menggunakan susu, seperti yang dilansir dari laman Life Hacker.

4. Gunakan bahan asam

Gunakan bahan asam pada proses masak. Seperti belimbing wuluh, asam jawa, atau tomat. Bahan tersebut bisa menyeimbangkan dan mengurangi rasa amis dari sop ikan.

5. Tambah dengan rempah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm