Ilustrasi merica
Ilustrasi merica ( shutterstock)

Tidak Hanya Merica Putih, Berikut 8 Jenis Merica untuk Masak

8 November 2023 16:19 WIB

SonoraBangka.id - Merica adalah bumbu dasar yang selalu ada di dapur untuk berbagai macam masakan. Merica tidak hanya merica putih atau hitam yang sudah familiar digunakan, ada lagi andaliman juga termasuk jenis merica untuk masakan khas Batak. Selain itu terdapat beberapa macam merica seperti merica pink, merica hijau, dan merica szechuan.

Simak jenis merica untuk masak berikut ini, dikutip dari majalah "Saji / ED 450 OCT 2019" (2019) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Baca juga: 5 Macam Jenis Susu yang Ada di Pasaran, Salah Satunya UHT 7 Jenis Buah dan Sayur yang Bisa Ditanam di Air, Taruh di Dapur 9 Macam Jenis Labu, Tidak Hanya Labu Kuning

1. Merica putih

Merica putih berasal dari biji tanaman bernama lain Piper albi linn ini dimanfaatkan dalam bentuk kering. Berbentuk butiran kecil berwarna putih agak kuning dan abu-abu, dengan tekstur padat dan rasa yang pedas dan hangat. Butiran merica putih biasanya dihaluskan dulu sebelum digunakan. Sebaiknya sangrai merica sebelum dihaluskan agar aromanya semakin kuat dan memperlama masa penyimpanannya.

2. Merica hitam

Seperti namanya merica hitam, butiran bijinya memang berwarna hitam dengan permukaan kulit yang kasar. Merica hitam biasanya ditumbuk kasar. Aromanya lebih pekat dan kuat dengan tingkat kepedasan lebih rendah dibandingkan merica putih.

3. Merica hijau

Merica hijau merupakan merica muda yang dijual masih dalam keadaan segar atau sudah dikeringkan.  Merica hijau warnanya memang tampak kehijauan dan biasa digunakan untuk membuat saus pada resep-resep masakan khas Eropa. 

4. Merica szechuan (sichuan)

Merica sichuan ini berasal dari salah satu Provinsi di negeri Tiongkok, memiliki rasa pedas menyengat, dengan aroma yang khas, berbeda dengan merica putih atau merica hitam. Selain banyak digunakan langsung sebagai bumbu masakan, merica sichuan juga menjadi salah satu unsur bumbu utama pada campuran bumbu ngohiong (five spices).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm