Ilustrasi jeruk siam
Ilustrasi jeruk siam ( Shutterstock/Michaelnero)

Bermanfaat untuk Kesehatan Lambung, Berikut 10 Manfaat Jeruk Siam

8 November 2023 20:05 WIB

SonoraBangka.id - Jeruk memiliki beberapa jenis di setiap daerah, salah satu yang sering ditemuin di Indonesia adalah jeruk siam. Jeruk siam mudah didapatkan di pasar maupun supermarket, berwarna hijau semburat kuning. aromanya tidak begitu harum namun segar dan banyak khasiatnya.

Jeruk siam memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, simak manfaat jeruk siam berikut ini, dikutip dari majalah "Sedap / ED 05 2017" (2017) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Jeruk siam banyak mengandung vitamin C dan antioksidan penting untuk imun. Terutama pada cuaca yang tidak menentu seperti ini, kamu bisa rutin mengonsumsi jeruk siam.

2. Menyehatkan lambung

Jika tidak mempunyai sakit maag, xat-zat asam pada jeruk justru akan menguatkan dinding lambung. Tetapi jika sudah sakit maag sebaiknya hati-hati memakan jeruk, apalagi di pasaran banyak jeruk siam yang masih asam karena dipanen saat belum matang sempurna.

3. Menurunkan kadar lemak darah

Jeruk banyak mengandung zat asam dan serat larut air. Kombinasi keduanya bisa mengurangi penyerapan lemak di dalam usus. Biasakan makan jeruk, bagus untuk mereka yang punya masalah tinggi lemak darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Turunnya penyerapan lemak dalam jangka panjang akan diikuti juga oleh turunnya kadar kolesterol jahat, itu sebabnya penderita hiperkolesterlemia bisa memakan jeruk siam secara rutin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm