Ilustrasi tomat hidroponik
Ilustrasi tomat hidroponik ( Shutterstock/Vidu Gunaratna)

Pengaruhi Kesehatan Kulit dan Mata, Berikut 5 Manfaat Makan Tomat

8 November 2023 20:17 WIB

SonoraBangka.id - Tomat adalah buah yang sering dianggap sebagai sayur karena penggunaannya pada makanan gurih atau sayur. Orang Indonesia umumnya menggunakan tomat sebagai bumbu masakan.

Tomat matang umumnya berwarna merah tetapi ada juga yang berwarna hijau. Rasa tomat merah cenderung manis dan berair, sedangkan tomat hijau lebih asam segar dan tidak mengandung banyak air.

Menurut Healthline, tomat mengandung vitamin C, vitamin K, asam folat, dan kalium. Tomat juga mengandung senyawa antioksidan likopen dan beta karoten. Berkat kandungan gizinya itu, tomat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh seperti ulasan berikut.

1. Menurunkan risiko serangan jantung

Sebuah penelitian pada pria paruh baya mengaitkan rendahnya kadar likopen dan betakaroten dalam darah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Mengutip Healthline, sejumlah bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa suplementasi likopen dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Studi klinis pada produk tomat menunjukkan manfaat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif.  Selain itu, terdapat pula efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan risiko pembekuan darah

2. Mencegah kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan menyebar melampaui batas normalnya, seringkali menyerang bagian tubuh lain. Menambahkan dari WebMD, likopen mampu melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Studi observasional telah mencatat hubungan antara kandungan likopen pada tomat dan produknya dengan rendahnya risiko kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker perut. Walau begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan hubungan likopen dengan kanker.

Sebuah penelitian pada wanita menunjukkan bahwa konsentrasi karotenoid yang tinggi pada tomat dapat melindungi terhadap kanker payudara.

3. Lindungi kulit dari sengatan matahari

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm