Kondisi sumber air baku kolong Pedindang
Kondisi sumber air baku kolong Pedindang ( dok Bangkapos.com )

Anggota DPRD Sebut Langkah Efektif , PDAM Terapkan Ganjil Genap untuk Penyaluran Air

8 November 2023 20:46 WIB

SonoraBnagka.id - Saat ini sumber air baku Perumda Tirta Pinang Kota Pangkalpinang kian berkurang.

Kini perusahaan air minum daerah itu menerapkan sistem penyaluran ganjil genap untuk wilayah pelayanan IPA Pedindang.

Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan penghematan pendistribusian air.

Untuk Kecamatan Ganjil yakni Kecamatan Gerunggang, Kecamatan Taman sari, Kecamatan Gabek, Kecamatan Pangkalbalam.

Dan Kecamatan Genap yakni Kecamatan Girimaya dan Kecamatan Rangkui.

Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady menilai, upaya penerapan ganjil genap ini  sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan air untuk pelanggan selama kekeringan.

"Solusi ganjil genap ini kami kira untuk proses jangka pendek dapat dimaklumi karena air baku yang memang sangat terbatas, namun tentu tidak berlanjut sampai seterusnya. Tapi hanya periode waktu tertentu saja yaitu hari ini ketika memang masih kesulitan dalam memperoleh sumber air bersih," sebut Rio kepada Bangkapos.com, Rabu (8/11/2023).

Rio berharap agar pembagian ganjil genap ini yang merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Kota Pangkalpinang tidak berlangsung lama.

Menurutnya air merupakan kebutuhan vital masyarakat ditambah lagi sekarang adalah musim panas yang sudah mulai berangsur ke musim hujan.

"Kami memahami dikarenakan curah hujan yang sangat minim sehingga potensi air baku sangat kecil dan tidak optimal untuk diberikan sebagaimana hari-hari biasanya, Namun kita berharap agar tidak diperlakukan secara terus-menerus sehingga masyarakat pun akhirnya kesulitan dalam menerima air bersih," tuturnya. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm