Ilustrasi gurita atau baby octopus.
Ilustrasi gurita atau baby octopus. ( SHUTTERSTOCK/Olesya_sh)

Berikut Ini 5 Tips Memanggang Baby Octopus agar Tidak Alot

8 November 2023 21:18 WIB

SonoraBangka.id -  Baby octopus harus diolah dengan baik dalam waktu 45 menit pada babak pressure test MasterChef Indonesia (MCI) musim 11, Sabtu (21/10/2023). Bahan ini sudah di-blanch saat disiapkan untuk para peserta MCI.

Jadi, seharusnya tidak membutuhkan waktu lama untuk memasak seafood tanpa tulang belakang ini. Sayangnya, Usman, salah satu peserta MCI, harus pulang karena gagal mengolah baby octopus dengan baik.

Usman menyajikan potongan bayi gurita panggang dengan tekstur keras karena terlalu lama dimasak. Simak cara memanggang baby octopus agar tidak keras, seperti dilansir Master Class berikut ini. 

1. Bersihkan  baby octopus

Cuci dan bilas gurita sampai bersih menggunakan air dingin. Buang bagian mata dan paruhnya dengan pisau kecil. 2. Rebus baby octopus Manfaatkan bumbu dan rempah untuk merebus gurita, seperti daun salam, merica, garam, dan lemon. Rebus baby octopus dengan api kecil hingga mendidih dan empuk kurang lebih 45 menit. 

3. Potong ukuran besar

Biarkan baby octopus berukuran sedang hingga besar bila ingin dipanggang agar lebih mudah. Potongan gurita yang terlalu kecil bisa berjatuhan di antara panggangan saat memasaknya meski sebentar.

4. Marinasi  baby octopus

Langkah ini opsional. Kamu bisa meniriskan gurita rebus dan membumbuinya sebelum dipanggang. Bila ingin menyajikannya dengan saus, silakan langsung memanggang gurita tanpa membumbuinya lagi.

5. Panggang dengan api tinggi

Atur api atau suhu panggangan gurita dengan tinggi. Tempatkan gurita di atasnya dan masak hingga matang kecoklatan. Jangan lama-lama, cukup panggang selama tiga hingga empat menit untuk setiap sisinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Memanggang Baby Octopus agar Tidak Alot, Pakai Api Besar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/22/110600775/5-tips-memanggang-baby-octopus-agar-tidak-alot-pakai-api-besar.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm