Ban vulkanisir (Dicky Aditya Wijaya)
Ban vulkanisir (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Mengapa Untuk Ban Mobil Penumpang Tidak Ada yang Vulkanisir?

9 November 2023 18:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam dunia ban ada istilah ban vulkanisir, yaitu proses melapisi karet pada ban yang sudah botak sehingga punya telapak baru. Ban vulkanisir biasanya dipakai pada kendaraan niaga, seperti bus dan truk.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, vulkanisir tidak dilakukan pada ban mobil penumpang karena beban yang dibawa tak seberat bus dan truk.

"Untuk di mobil penumpang sebetulnya jarang terjadi vulkanisir sebab kenapa, karena di mobil penumpang itu secara beban yang dibawa oleh dia tidak terlalu signifikan parah," kata Billy kepada Kompas.com, yang ditemui belum lama ini.

"Sehingga biasanya rusaknya itu rusak work out atau benar-benar botak. Sedangkan vulkanisir itu biasanya digunakan kalau casing masih bagus tapi ban sudah habis jadinya di vulkanisir," kata Billy.

Billy mengatakan, ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi dengan kompon baru agar terlihat seperti ban baru. Tujuanya supaya tidak perlu membeli ban baru kalau alur ban sudah mulai habis.

Material yang digunakan biasanya adalah potongan material karet yang sudah mempunyai telapak atau alur sehingga ban lama akan terlihat seperti baru.

"Tapi rata-rata ban penumpang itu jarang di vulkanisir karena memang pakainya sampai habis dan itu dalam kurun waktu yang lama," kata Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Ban Mobil Penumpang Tidak Ada yang Vulkanisir?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/09/102200215/mengapa-ban-mobil-penumpang-tidak-ada-yang-vulkanisir-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm