Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Si(hondanews.com)
Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Si(hondanews.com) ( KOMPAS.COM)

Pakai Mobil Transmisi Manual Tidak Boleh Asal Oper Gigi

9 November 2023 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perpindahan gigi pada mobil dengan transmisi manual dapat disesuaikan oleh RPM atau putaran mesin, guna memastikan keseimbangan antara daya tahan mesin dan kinerja kendaraan.

Tapi, tidak sedikit pengemudi yang melakukan perpindahan gigi tidak berurutan, terutama saat mengakselerasikan kecepatan atau memperlambat laju kendaraan.

Perilaku tersebut sangat tidak disarankan dan dapat berdampak buruk pada performa dan juga komponen mesin mobil, salah satunya kampas kopling menipis.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, kebiasaan memindahkan gigi dengan cara langsung melompat ke nomor yang lebih tinggi dapat mengurangi performa mobil.

“Tidak disarankan dan tidak aman untuk keawetan kendaraanya, karena percepatan harus sesuai dengan posisi gearnya,” ungkap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga dikatakan oleh, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, mobil manual sebaiknya melakukan perpindahan gigi secara urut.

“Sebaiknya berurutan. Namun tergantung dari kondisi jalanya,” ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Didi menjelaskan, ketika melewati jalan yang aman atau medan tidak berat maka masih ditolerir untuk melakukan hal tersebut.

Berbeda dengan jalan yang berbelok, licin atau tidak beraturan, akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan pada mobil.

“Bisa saja seperti jalan yang landai, namun tidak disarankan. Ini akan membuat kopling mobil cepat aus,” jelas Didi.

Selain itu, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, kebiasaan mengoper gigi secara acak dapat menyebabkan mesin mobil terasa macet atau melaju dengan kecepatan yang tidak stabil.

Maka disarankan, ketika ganti gigi harus berurutan dan disesuaikan dengan torsi, sehingga mesin bekerja sesuai dengan transmisi yang digunakan.

“Ya, rekomendasi begitu (pindah gigi berurutan). Karena, urutannya itu nanti juga feeling driver-nya akan dapat,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Asal Oper Gigi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/09/111200815/pakai-mobil-transmisi-manual-jangan-asal-oper-gigi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm