Bakpia, oleh-oleh khas Yogyakarta.
Bakpia, oleh-oleh khas Yogyakarta. ( Shutterstock/tyasindayanti)

Tips Membuat Bakpia Kacang Hijau dengan Kulit yang Berlapis-lapis

12 November 2023 15:17 WIB

SonoraBangka.id - Bakpia salah satu kue yang sering ditemui di Yogyakarta untuk oleh-oleh dengan berbagai varian rasa. Seperti salah satu rasa original bakpia, yaitu kacang hijau.

Kamu bisa membuat sendiri bakpia di rumah dengan mudah. Simak tips membuat bakpia kacang hijau, dikutip dari majalah "Sedap / MAY 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Bahan bakpia

Bakpia dibuat berlapis-lapis untuk itu bahan kulit harus terdiri dua macam. Bahan pertama adalah dari campuran tepung, gula, garam, margarin, dan mentega putih (bahan A). Sementara bahan kedua terdiri dari tepung dan margarin (bahan B). Pencampuran bahan B harus merata betul dan harus gumpal.

2. Jangan salah bungkus

Bahan A digunakan untuk membungkus bahan B, apabila terbalik, fatal akibatnya. Membungkus bahan B harus benar-benar rapat supaya kalau digiling tidak bocor.

3. Proses penggilingan

Setelah dibungkus, adonan bakpia kemudian digiling. Penggilingan harus ringan-ringan saja supaya kulit A tidak pecah dan adonan B tidak tembus keluar. Jika terlanjur pecar, taburkan sedikit tepung terigu pada bagian yang pecah.

Proses penggilingan dilakukan sebanyak tiga kali. Ketika digiling, adonan dalam keadaan terlipat (lipatan single). Bagian bawah dilipat ke tengah, bagian atas dilipat menutupi lipatan tadi. Setiap kali menggiling, adonan harus diputar supaya lapisannya terbentuk.

4. Membungkus isi

Saat membungkus isi, sambungan kulit harus rapat supaya isi tidak bocor ketika dioven. Letakkan sambungan di bagian bawah, tertindih oleh kuenya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Membuat Bakpia Kacang Hijau dengan Kulit yang Berlapis-lapis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/09/220300875/4-tips-membuat-bakpia-kacang-hijau-dengan-kulit-yang-berlapis-lapis.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm