Ilustrasi klepon ubi ungu
Ilustrasi klepon ubi ungu ( Dok. Shutterstock/Amallia Eka)

Berikut Ini 4 Cara Mengolah Ubi untuk Berbagai Macam Camilan

12 November 2023 15:27 WIB

SonoraBangka.id - Ubi salah satu jenis umbi-umbian yang dapat dimasak menjadi berbagai macam makanan. Ubi juga mudah diperoleh di pasar maupun supermarket, mulai dari ubi cilembu, ubi ungu, dan ubi manis.

Sebelum membuat camilan dari ubi, pastikan memilih ubi yang bagus kualitasinya, dikukus terlebih dahulu dan dicampurkan dalam bahan hidangan penutup. Simak cara olah ubi untuk berbagai macam camilan, dikutip dari majalah "Sedap / ED 10 2016" (2016) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Cara memilih ubi

Ubi yang baik untuk camilan adalah ubi yang segar. Kesegaran ubi bisa dilihat dari permukaan yang halus, kulit tidak keriput, ketika ditekan masih tampak keras, dan tidak ada bagian busuk.

2. Mematangkan ubi

Sebelum diolah menjadi kudapan, ubi harus dimatangkan dahulu kecuali jika akan digoreng. Ubi tidak disarankan dimasak dengan cara direbus tetapi dikukus. Pengukusan dilakukan tanpa dikupas lebih dahulu.

3. Menghaluskan ubi

Sebelum dibuat kudapan ubi dihaluskan dahulu hingga tidak ada tekstur bergerindil. Lakukan selagi panas. Ubi yang dingin sulit dihaluskan.  Ubi yang sudah halus dapat diolah menjadi kulit, isi, atau dicampur di dalam adonan.

4. Mengolah ubi

Ubi bisa dibuat berbagai masakan dan kudapan seperti kering ubi, pure ubi, sayur bening. Sementara untuk kue tradisional, ubi dapat diolah menjadi talam, klepon, dan putu mayang. Ubi juga dapat diolah menjadi cake dan roti, bahkan bisa dijadikan saus ubi dengan rasa manis.

5. Cara simpan ubi

Ubi tidak perlu disimpan dalam lemari es. Letakkan saja di dalam keranjang pada suhu ruang. Namun, jangan biarkan ubi di dalam kantong plastik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Olah Ubi untuk Berbagai Macam Camilan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/09/080300575/4-cara-olah-ubi-untuk-berbagai-macam-camilan-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm