ilustrasi es kacang merah.
ilustrasi es kacang merah. ( shutterstock/Muchlis I. Nugroho)

Berikut Cara Membuat 4 Cara Olah Kacang Merah untuk Es Campur

12 November 2023 15:30 WIB

SonoraBangka.id -  Kacang merah biasanya dibuat untuk sup, isian kue, sampai dijadikan es campur di beberapa daerah. Cara mengolah kacang merah cukup mudah, pastikan memilih yang segar dan ukurannya besar.

Kacang merah perlu direbus cukup lama jika menggunakan yang kering sedangkan kacang merah segar tidak perlu lama-lama. Simak cara olah kacang merah untuk es campur, dikutip dari majalah "Sedap / JUN 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Cara memilih kacang merah

Pilih kacang merah yang sudah dibuka, kalau terpaksa membeli yang belum dibuka, perhatikan kulitnya. Kulit kacang merah harus masih segar dan tidak kering.

Pilih kacang merah dengan ukuran relatif besar. Jangan memilih yang sudah bertaoge, keriput, dan warnanya tidak segar. Sementara memilih kacang merah kering, pastikan tidak berbau dan tidak keriput.

2. Cara mengolah kacang merah

Rebus dahulu kacang merah paling tidak sampai setengah empuk. Jika untuk dibuat masakan bisa direbus langsung di dalam masakan, namun kuahnya menjadi keruh. Pembuatan kue dengan kacang merah, setelah matang cincang kacang atau dihaluskan, tergantung kue yang akan dibuat. Menghaluskan kacang merah, sebaiknya dicampur dengan cairan agar hasilnya lembut.

3. Macam-macam olahan kacang merah

Kacang merah dapat dicampur ke dalam adonan seperti cake atau kue tradisional, sebaiknya diaduk bersama adonan cair atau adonan tepung agar bisa merata. Kacang merah juga bisa dijadikan isian, dimasak bersama santan atau susu hingga kental dan mengering.

Selanjutnya kacang merah bisa dijadikan bahan utama dalam pembuatan es, masak sampai empuk sebelum dimasukkan ke dalam larutan gula agar tidak keras hasilnya.  Perebusan kacang merah jangan terlalu lama agar tidak mengeras kembali.

4. Cara simpan kacang merah

Kacang merah segar harus disimpan di dalam wadah tertutup di lemari es. Jangan biarkan lama di dalam lemari es agar tidak tumbuh tunas. Sementara kacang merah kering dapat disimpan di dalam wadah tertutup, namun tidak perlu di lemari es.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Olah Kacang Merah untuk Es Campur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/09/070500875/4-cara-olah-kacang-merah-untuk-es-campur.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm