Penyebab jalan kaki terasa berat.(Freepik)
Penyebab jalan kaki terasa berat.(Freepik) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Penyebab Jalan Kaki Terasa Berat dan Cara Mengatasinya

13 November 2023 17:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Olahraga jalan kaki mudah dilakukan karena termasuk olahraga dengan intensitas ringan. Namun meskipun demikian, adakalanya aktivitas jalan kaki bisa terasa berat.

Dikutip dari North Atlanta, penyebab utama jalan kaki terasa berat adalah karena sirkulasi darah yang buruk.

Masalah sirkulasi darah yang buruk umumnya memang terjadi di bagian tubuh bawah, terutama kaki. Hal ini karena kaki perlu melawan gravitasi untuk mengalirkan darah kembali ke jantung.

Bila sirkulasi lemah, darah akan terkumpul di tungkai, kaki, dan pengelangan kaki sehingga menyebabkan jalan kaki terasa berat.

Penyebab jalan kaki terasa berat

Dikutip dari Healthline, jalan kaki terasa berat bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan. Berikut di antaranya: 

1. Varises

Varises adalah gangguan yang terjadi karena pembuluh darah yang membesar dan tampak bergelombang.

Varises biasanya muncul di tungkai dan kaki. Gangguan pembuluh darah ini bisa muncul karena penuaan, risiko kehamilan, menopause, obesitas, dan kebiasaan terlalu banyak berdiri dan duduk.

Varises terjadi ketika pembuluh darah membesar dan mulai kehilangan elastisitasnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm