Ilustrasi cokelat putih.
Ilustrasi cokelat putih. ( Dok. Shutterstock)

Bisa untuk Campuran Cake, Berikut 7 Cara Olah Cokelat Putih

15 November 2023 16:01 WIB

SonoraBangka.id - Cokelat putih merupakan salah satu jenis cokelat yang sering kita temui, terbuat dari mentega kakao, gula, dan susu. Cokelat putih biasanya dijadikan campuran dessert, cake, dan es krim, sebelum menjadi campuran tersebut perlu diolah.

Cokelat putih tidak perlu dilelehkan menggunakan air mendidih, cukup dengan air suam-suam kuku agar tidak merusak tekstur cokelat. Simak cara olah cokelat putih untuk campuran cake, dikutip dari majalah "Kulinologi Indonesia" (2012) karya Kulinologi terbitan PT Media Pangan Indonesia. 

1. Kandungan dalam cokelat putih

Dilihat dari bahannya, white chocolate dengan kandungan cocoa butter mengandung lemak yang lebih tinggi dibandingkan cokelat pekat sarat padatan kakao.  Bagi anda yang sedang berdiet, disarankan tidak memasukkan white chocolate ke dalam manu camilan.

2. Harus diolah dengan hati-hati

Kandungan lemak yang tinggi membuat cokelat putih harus ditangani ekstra hati-hati. Sedikit terkena panas atau uap air. White chocolate lebih cepat pecah dan menggumpal.

3. Melelehkan cokelat putih

Melelehkan cokelat putih tidak perlu ditim di atas air mendidih. Cukup rendam mangkuk berisi potongan white chocolate dalam air suam-suam kuku, lalu aduk hingga meleleh.

4. Cincang sebelum dilelehkan

Supaya lelehan cokelat putih merata dan tidak menggumpal, white chocolate sebaiknya dicincang terlebih dahulu dalam ukuran kecil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm