Peringatan HAB ke-79 Kemenag Bakal Meriah, Akan Ada Bazar Moderasi Beragama dan Donor Darah di Kemenag Pangkalpinang
Peringatan HAB ke-79 Kemenag Bakal Meriah, Akan Ada Bazar Moderasi Beragama dan Donor Darah di Kemenag Pangkalpinang ( Kemenag Pangkalpinang)

Peringatan HAB ke-79 Kemenag Bakal Meriah, Akan Ada Bazar Moderasi Beragama dan Donor Darah di Kemenag Pangkalpinang

15 November 2023 18:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-79 Kementerian Agama di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipastikan bakal berlangsung meriah dan diisi dengan berbagai acara serta perlombaan yang tak hanya melibatkan para pegawai, tapi juga seluruh stakeholder yang ada dan masyarakat umum.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi bersama antara Panitia Penyelenggara HAB ke-79 Kanwil Kemenag Babel yang diketuai oleh Kabid Bimas Islam, H. Abdul Rohim dengan Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi bersama dengan Kasubbag Tata Usaha, Eyde Tusewijaya, dan seluruh Kasi/Penyelenggara di ruang kerja Kasubbag TU, Selasa, 14 November 2023.

Dalam sambutannya pada kesempatan tersebut, H. Firmantasi mengungkapkan bahwa untuk peringatan HAB kali ini Kepala Kanwil Kemenag Babel sudah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Panitia Penyelenggara yang juga melibatkan para pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang. Oleh karena itu, amanah ini harus dapat kita jalankan dengan sebaik-baiknya.

"Untuk Kemenag Kota Pangkalpinang sendiri, selain seluruh rangkaian kegiatan lainnya, kita juga diamanahkan untuk menyelenggarakan bazar moderasi beragama dan donor darah," jelasnya.

Karena ini hajat besar yang tak hanya melibatkan seluruh pegawai, lanjutnya, maka hal ini harus kita bahas dan diskusikan bersama agar pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan khidmat dan meriah.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, H. Abdul Rohim dalam arahannya mengatakan, sesuai amanah yang disampaikan staf khusus Menteri Agama RI beberapa waktu lalu, bahwa peringatan HAB kali ini harus berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan mempublikasikan inovasi dan hasil kerja Kemenag ke masyarakat.

"Mengingat ini juga memasuki momen menjelang pemilu, pelaksanaan kegiatan HAB kita juga harus bernuansa kerukunan dan keharmonisan, sehingga mencerminkan bahwa Kementerian Agama merupakan salah satu wadah perekat bagi umat," ungkapnya.

Dijelaskannya, dijadwalkan ada 10 item kegiatan yang semuanya akan dilaksanakan pada bulan Desember, kecuali Upacara dan santunan. Untuk upacara nantinya direncanakan digelar di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mengundang seluruh unsur Forkopimda, untuk mengisyaratkan bahwa Kementerian Agama bukan hanya milik kita, tapi juga milik seluruh masyarakat di Provinsi ini.

Ditambahkannya, untuk Bazar dengan tema Festival Moderasi Beragama sendiri yang rencananya akan dilaksanakan di Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang pada tanggal 18 - 20 Desember nanti, juga akan melibatkan para pelaku UMKM dan diisi dengan layanan sertifikasi halal bagi masyarakat.

"Selain itu, nantinya juga akan ada family gathering untuk seluruh pegawai Kemenag se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan jalan sehat kerukunan yang sekaligus menampilkan performa kesenian dan budaya lintas agama," terangnya.

Terkait perlombaan olahraga yang juga akan digelar guna memeriahkan peringatan HAB Kemenag ini, Rohim memaparkan bahwa untuk tahun ini perhelatannya akan dilaksanakan secara terpusat di Kanwil Kemenag dan Asrama Haji Babel. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dari sisi akomodasi dan fasilitas penginapan bagi para peserta yang berasal dari Kota/Kabupaten lainnya.

"Peringatan HAB kali ini juga bertepatan dengan saat-saat terakhir masa jabatan Kakanwil Kemenag Babel. Oleh karena itu, mari kita berjuang bersama memberikan persembahan terbaik sebagai bentuk penghargaan untuk beliau, dengan kegiatan-kegiatan yang sukses dan meriah, serta gaungnya lebih terdengar dan menyentuh masyarakat secara langsung," harapnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm