Menko Airlangga Dorong Kerja Sama Ekonomi dan Percepatan Transisi Energi(Dok.ekon)
Menko Airlangga Dorong Kerja Sama Ekonomi dan Percepatan Transisi Energi(Dok.ekon) ( KOMPAS.COM)

Airlangga Kembali Bujuk Jepang Untuk Gencarkan Pengembangan EV di RI

15 November 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI kembali mengajak Jepang untuk menggencarkan pengembangan kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) di Tanah Air.

Kali ini, ajakkan dilontarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto ketika menggelar pertemuan bilateral bersama Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Nishimura Yasutoshi, Selasa (14/11/2023).

Pertemuan dilakukan di sela acara Pertemuan Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di San Francisco.

"Pengembangan kendaraan listrik sangat penting mengingat 90 persen dari kendaraan Indonesia merupakan produk Jepang," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2023).

"Saya harap pelaku usaha Jepang dapat kerja sama mempercepat pengembangan EV di Indonesia," lanjut dia.

Airlangga juga mengajak Jepang untuk bekerja sama pada proyek energi bersih. Sebab, Indonesia memiliki potensi besar untuk Energi Baru Terbarukan, termasuk solar panel energi dan geothermal energy.

"Kami mengajak Jepang berinvestasi pada sektor tersebut," katanya.

Airlangga juga menyampaikan besarnya potensi semi-konduktor di Indonesia sebagai penghasil silica yang menjadi bahan baku semi-konduktor yang dibutuhkan dunia.

"Indonesia ingin menjadi penyedia kebutuhan semi-konduktor dunia sebagai alternatif pasar selain China," ujar dia.

Indonesia mengakui membutuhkan investasi dan kerja sama dari Jepang dalam pengembangan infrastruktur digital dan peningkatan kualitas SDM pelajar Indonesia untuk pengembangan semi-konduktor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm