Harvesting GNPIP Bangka Belitung 2023: Bank Indonesia Dorong Sinergi Dan Inovasi Program Ketahanan Pangan
Harvesting GNPIP Bangka Belitung 2023: Bank Indonesia Dorong Sinergi Dan Inovasi Program Ketahanan Pangan ( BI Babel)

Harvesting GNPIP Bangka Belitung 2023: Bank Indonesia Dorong Sinergi Dan Inovasi Program Ketahanan Pangan

16 November 2023 08:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam rangka memperkuat sinergi dan inovasi program-program pengendalian inflasi pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Harvesting Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) tahun 2023 pada 15 November 2023 di Lapangan Pasir Putih Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini mengusung tema: "Memperkuat Sinergi dan Inovasi Program Ketahanan Pangan Menuju Stabilitas Inflasi di Kepulauan Bangka Belitung".

GNPIP merupakan langkah komitmen Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional.

Pelaksanaan GNPIP dilakukan Bank Indonesia bersinergi dengan TPIP/TPID sehingga angka inflasi berada pada sasaran inflasi nasional (3+/-1%). Implementasi GNPIP diwujudkan melalui 7 program unggulan antara lain pelaksanaan kegiatan operasi pasar/pasar murah/SPHP, penguatan ketahanan pangan strategis, perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD), dukungan untuk subsidi ongkos angkut, peningkatan pemanfaatan alsintan dan saprotan, penguatan infrastruktur Teknologi, Informasi, Komunikasi (TIK) diantaranya neraca pangan daerah, serta penguatan koordinasi dan komunikasi untuk menjaga ekspektasi inflasi.

Program unggulan ini disusun mengacu pada peta jalan pengendalian inflasi 2022-2024 dan strategi pengendalian inflasi GNPIP 2023 yang mengedepankan upaya stabilitas harga yang bersifat struktural, forward looking, dan berbasis digital untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusung tagline Harvesting  (menuai atau memanen) pada GNPIP tahun 2023 tersebut, dengan tujuan memanen pencapaian yang telah dilakukan sejak awal tahun 2023.

Dalam opening ceremony event Harvesting GNPIP Bangka Belitung, turut dihadiri Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kep. Bangka Belitung, Deputi Direktur Departemen Regional Bank Indonesia, unsur Forkopimda, Kepala Daerah se-Bangka Belitung, OPD, dan Instansi Vertikal di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi Bank Indonesia yang turut menjadi mitra strategis Pemprov Bangka Belitung mengendalikan inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, serta berharap sinergi yang telah terjalin semakin kontinu untuk menciptakan inovasi pengendalian inflasi pangan di masa mendatang.

Sebagai bentuk sinergitas Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah dalam menekan laju inflasi pangan khususnya aneka ikan, kegiatan Harvesting GNPIP Bangka Belitung menyiarkan secara langsung panen raya komoditas ikan air tawar serta dialog interaktif TPID Bangka Belitung dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pinang Raya Kabupaten Bangka Tengah. Ikan laut kerap menjadi penyumbang inflasi di Bangka Belitungm sehingga diperlukan strategi untuk mendorong konsumsi komoditas substitusi antara lain ikan air tawar.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Indonesia menyerahkan secara simbolis Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa alat produksi pakan ikan air tawar kepada Pokdakan Pinang Raya Bangka Tengah. Adapun Bank Indonesia juga menyalurkan PSBI Alsintan kepada Kelompok Tani Dukong Jaya Mandiri Belitung dan KUB Cakra Milenial Bangka Barat untuk mendorong produktivitas komoditas bawang dan cabai merah.

Untuk mendukung produksi beras di Bangka Belitung, Bank Indonesia secara simbolis menyerahkan bantuan demplot budidaya padi kepada Gapoktan Mufakat Belitung Timur, diikuti apresiasi kepada UMKM Halal melalui penyerahan sertifikat halal kepada UMKM Olahan Pangan. Di samping itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan secara simbolis menyerahkan paket Operasi Pasar Murah subsidi menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) kepada masyarakat di Pangkalpinang.

Sebagai rangkaian kegiatan Event Harvesting GNPIP, Bank Indonesia juga menyelenggarakan beberapa kegiatan lain seperti lomba memasak ikan air tawar dalam rangka promosi alternatif konsumsi ikan air laut, SPHP Bulog, Farmer’s Market, QRIS Experience, dan penukaran uang kartal melalui Layanan Kas Keliling Bank Indonesia.

Kegiatan Harvesting GNPIP Bangka Belitung diharapkan dapat meningkatkan sinergitas Bank Indonesia, TPID se-Bangka Belitung, serta mitra strategis lainnya sehingga angka inflasi di Bangka Belitung tetap terjaga.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm