Modifikasi Wuling Air ev garapan BTX Concept(Kompas.com/Nanda)
Modifikasi Wuling Air ev garapan BTX Concept(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Apa Jadinya jika Mobil Listrik Pakai Ban Kendaraan Konvensional?

16 November 2023 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilihan ban pada kendaraan merupakan salah satu bagian penting yang patut diperhatikan kembali ketika melakukan peralihan dari mobil berbahan bakar minyak atau internal combustion engine (ICE) ke listrik berbasis baterai.

Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno menjelaskan, situasi tersebut sejalan dengan perubahan karakteristik kendaraan dan bobot. Jadi, berat pada mobil listrik murni akan relatif lebih berat karena kehadiran baterai.

"Sebenarnya mobil listrik bisa saja dipasangkan ban kendaraan konvensional, tapi tidak akan optimal karena kita ketahui mobil listrik itu sangatlah senyap," katanya saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

"Sehingga ban khusus mobil listrik itu, ditambahkan sealant technology yang dapat mengurangi noise atau membuatnya sangat senyap," lanjut Mukiat.

Sementara itu, produsen juga dituntut untuk membuat ban yang lebih ringan sebab bobot mobil yang relatif lebih berat dibandingkan kendaraan ICE. Ketika bobot dari ban tidak disesuaikan, otomatis konsumsi dayanya akan semakin boros.

Kondisi tersebut bisa dirasakan dari proses distribusi tenaga yang lebih meraung imbas putaran mesin lebih tinggi (rpm) ketika hendak mencapai kecepatan tertentu.

Padahal, salah satu keunikan mobil listrik ialah torsi yang instan. Sebab, mobil tidak mempunyai girbox dan kopling yang mengatur putaran mesin dalam menggerakkan roda layaknya kendaraan konvensional.

Sebagai gantinya, untuk membantu kerja rem menahan laju mobil melalui efek engine brake, mobil listrik diberikan pengaturan regenerative braking.

"Maka ban mobil listrik juga harus lebih menapak, grip-nya harus bagus," kata Mukiat.

"Jadi sebenarnya ban biasa bisa digunakan ke mobil listrik, tetapi dampaknya bisa jadi lebih berat, pemakaian listrik lebih boros, dan lebih berisik," tambah.

Kendati saat ini Bridgestone belum memasarkan ban khusus mobil listrik, Mukiat memastikan bahwa produk terbarunya yaitu Ecopia EP300 bisa menjawab kebutuhan moda dimaksud. Apalagi, telah disematkan teknologi Enliten yang berfungsi meningkatkan grip ban ke permukaan jalan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Jadinya kalau Mobil Listrik Pakai Ban Kendaraan Konvensional?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/16/094200015/apa-jadinya-kalau-mobil-listrik-pakai-ban-kendaraan-konvensional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm