Pj Bupati Bangka M Haris dan istri bersama anak stunting di Dusun Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Jumat (17/11/2023)
Pj Bupati Bangka M Haris dan istri bersama anak stunting di Dusun Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Jumat (17/11/2023) ( deddy marjaya )

Kasus Stunting di Kabupaten Bangka Ditargetkan Tuntas Mei 2024

18 November 2023 08:55 WIB

SonoraBangka.id - Belum lama ini, Pj Bupati Bangka M Haris menyatakan bahwa pada Mei 2024 kasus Stunting di Kabupaten Bangka ditargetkan tuntas.

Hal ini dikatakan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangka, Muhammad Haris Jum'at (17/11/2023) saat monitoring intervensi kesehatan di Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan.

Progres terlihat menujukkan keberhasilan setelah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) serta intervensi kesehatan terhadap anak stunting yang dilakukan di 10 desa yang menjadi lokus stunting, didapatkan hasil yang menggembirakan, yakni ada pengurangan jumlah anak stunting.

"Kita sudah turun ke 10 desa yang ada anak stunting hasilnya memuaskan. Sebagian anak anak pertumbuhan membaik setelah intervensi makanan bergizi dan sekarang kita lakukan intervensi kesehatan dengan membawa dokter gizi dan dokter anak ke desa- desa. Kita optimis target bulan Mei 2024 zero Stunting Kabupaten Bangka bisa tercapai," kata M Haris.

M Haris mengatakan akan terus dilakukan setiap monev dan fokus adalah anak stuntingnya. Di beberapa desa Locus stunting jumlah kasus terus berkurang.

"Artinya kita bisa menangani ini kalau kita lakukan secara serius, semua peduli terhadap perkembangan anak anak maka kedepannya tentu tidak akan ada lafi kasus stunting," kata M Haris

Dalam kegiatan intervensi kesehatan kepada anak stunting ini Tim Percepatan Penurunan Stunting membawa dokter ahli gizi dan spesialis anak. Juga membawa bantuan makanan tambahan dan susu.

Serta  memberikan edukasi terutama kepada ibu-ibu yang memiliki balita dan ibu hamil.

Dokter gizi memberikan arahan terkait asupan makanan bergizi untuk balita dan ibu hamil. 

Sedangkan dokter anak memeriksa kesehatan guna mengidentifikasi jika anak mengalami penyakit bawaan yang menyebabkan gangguan pertumbuhan anak.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm