Ilustrasi marinasi daging ayam.
Ilustrasi marinasi daging ayam. ( SHUTTERSTOCK/ALEKSANDR TANNAGASHEV)

Berikut 8 Kesalahan Mengolah Ayam Mentah dan Cara Mengatasinya

19 November 2023 06:49 WIB

SonoraBangka.id -  Coba perhatikan kembali kebiasaan mengolah ayam mentah di rumah. Bisa jadi yang dilakukan selama ini kurang tepat. Sebab, ada beberapa kesalahan memasak ayam yang umum ditemui.

Mulai dari penyimpanan hingga cara memotongnya. Dilansir dari All Recipes, simak delapan kesalahan memasak ayam berikut ini.

1. Salah cara menyimpan ayam

Kesalahan memasak ayam bisa dimulai dari penyimpanan. Bila salah, kualitas ayam bisa menurun. Daging ayam sebenarnay tidak baik disimpan sembarangan di kulkas karena jusnya cepat bocor dan menetes, meskipun dikemas dengan baik. Seharusnya, ayam mentah diletakkan di dalam wadah dan disimpan di rak kulkas paling bawah agar tidak mengganggu bahan makanan lainnya.

2. Salah mencairkan ayam

Setelah membekukkannya, jangan asal mencairkan daging ayam karena rentan terkena bakteri penyebab penyakit. Jangan mencairkan daging ayam di westafel atau suhu ruang. Cukup taruh daging ayam di kulkas selama seharian hingga suhunya tidak terlalu beku.

3. Diamkan ayam sebentar di suhu ruang

Jika terpaksa mencairkan ayam di suhu ruang, jangan terlalu lama agar bakterinya tidak berkembang biak. Biarkan ayam beku didiamkan di suhu ruang selama 15 menit agar lebih mudah dimasak dan matang merata.

4. Tidak mengeringkan daging ayam

Mencairkan daging ayam setelah disimpan membuat teksturnya lebih basah, apalagi setelah dicuci. Jangan langsung memasak ayam dalam kondisi ini. Lap ayam dengan tisu agar sedikit mengering dan terasa renyah ketika digoreng. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm