Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2023). Arus balik pada H+4 Lebaran dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpantau ramai lancar dengan pemberlakuan satu arah hingga pukul 24.00.(Antara Foto/Harviyan Perdana Putra)
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2023). Arus balik pada H+4 Lebaran dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpantau ramai lancar dengan pemberlakuan satu arah hingga pukul 24.00.(Antara Foto/Harviyan Perdana Putra) ( KOMPAS.COM)

Polisi Siapkan Antisipasi Kemacetan Untuk Libur Natal dan Tahun Baru

22 November 2023 16:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama stakeholder terkait mulai mempersiapkan dan mengecek jalur jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, pihaknya telah memprediksi arus lalu lintas kendaraan. Untuk itu ia berharap bahwa pada 20 Desember 2023, seluruh kegiatan pekerjaan telah berakhir guna mengantisipasi volume kendaraan di jalan.

“Pada arus puncak tanggal 22 Desember kita harapkan angkutan berat sumbu tiga sudah dipastikan akan kita tidak operasionalkan. Jadi mohon izin kita usulkan kendaraan-kendaraan tersebut tidak kita operasionalkan,kita harapkan bisa menambah kelancaran,” ucap Firman, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (21/11/2023).

Firman melanjutkan, pihaknya juga telah memperkirakan potensi puncak arus mudik yang akan dilalui kendaraan. Pasalnya, akan ada kegiatan ibadah umat kristiani hingga masa libur dan cuti berakhir pada 27-28 Desember 2023.

“Jadi kita harus mengantisipasi yang harus pulang (arus balik), tapi ada libur bersama lagi per tanggal 26 (Desember), sedangkan tanggal 23-24 itu sudah ada yang memulai kegiatan ibadah, tapi kemudian setelah tanggal 26, (yaitu) tanggal 27-28 itu sudah mulai masuk kembali,” kata dia.

“29 (Desember) itu kembali lagi persiapan, untuk tanggal 30,31 dan menuju tanggal 1 dan 2 (Januari 2024) sudah harus masuk (kerja) lagi. Jadi disitu mereka yang mengambil keputusan untuk libur harus memperhitungkan waktu kerjanya ini,” lanjutnya.

Selain itu, Firman juga berpesan kepada pengelola rest area supaya menciptakan ketertiban bagi masyarakat atau pengguna jalan yang akan melalui jalur tol pada Libur Nataru. Ia meminta kerjasama yang baik seperti penguraian kemacetan pada pelaksanaan Mudik Lebaran kemarin.

“Kami juga mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sekitar rest area yang ada di jalan tol. Moga-moga pengelola rest area juga menyiapkan sedemikian rupa berkaca dengan pengalaman yang lalu. Terima kasih atas kerjasamanya, masyarakat bisa kita atur sedemikian rupa untuk berbelanja dengan teratur di rest area yang ada,” kata Firman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Siapkan Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/22/064200615/polisi-siapkan-antisipasi-kemacetan-libur-natal-dan-tahun-baru.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm