Ilustrasi hipertensi
Ilustrasi hipertensi ( UNSPLASH/MUFID MAJNUN )

Hipertensi Penyakit Terbanyak di Kota Pangkalpinang, Pola Hidup Tidak Sehat Jadi Penyebabnya

22 November 2023 17:43 WIB

SonoraBangka.id - Kasus sakit hipertensi selama tahun 2023 hingga September sebanyak 1.192 kasus, jumlah ini terbilang rendah jika dibandingkan dengan bulan Mei lalu hingga 1.983 kasus.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi ketika tekanan darah di atas batas normal (130/80 mmHg atau lebih) ini menjadi sakit yang paling banyak di Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang dr. Masagus Hakim menyebut, hipertensi memang selalu menjadi penyakit terbanyak pertama setiap tahunnya. 

Tak hanya itu, kata Hakim, jumlahnya pun juga kian bertambah.

Menurutnya, Hipertensi paling sering terjadi disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Sebagai contoh, kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi makanan asin, terlalu banyak konsumsi makanan manis, serta kurangnya aktivitas fisik.

"Hal-hal tersebut yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas) sehingga bisa meningkatkan faktor risiko hipertensi. Kondisi hipertensi ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika dibiarkan. Bahkan, gangguan ini dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga kematian," jelas dr. Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (22/11/2023).

Kemudian, faktor genetik atau keturunan juga penyebab hipertensi, ada mutasi gen atau kelainan genetik yang diwarisi orangtua sehingga membuat seseorang, secara genetik, mengalami hipertensi.

"Kemudian ada juga penyebabnya perubahan fisik yang semakin menua juga bisa menjadi penyebab hipertensi. Jika Anda mengalami perubahan fungsi ginjal karena penuaan, maka keseimbangan garam dan cairan alami tubuh akan terganggu. Alhasil, tekanan darah tubuh ikut meningkat," tuturnya. 

Hakim menegaskan, upaya mencegah hipertensi yang utama adalah dengan mengatur pola hidup yang sehat. 

"Pertahankan berat badan yang sehat, mengurangi atau berhenti merokok, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan rendah garam. Kemudian batasi konsumsi minuman beralkohol, lakukan aktivitas fisik intensitas rendah secara teratur," tuturnya.

Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran kata Hakim sangat dianjurkan untuk dikonsumsi menghindari hipertensi.

Diungkapkannya bahwa, makanan siap saji, makanan mengandung lemak banyak kerap jadi favorit padahal sangat berbahaya untuk kesehatan.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pola Hidup Tidak Sehat, Jadi Penyebab Hipertensi Penyakit Terbanyak di Kota Pangkalpinang , https://bangka.tribunnews.com/2023/11/22/pola-hidup-tidak-sehat-jadi-penyebab-hipertensi-penyakit-terbanyak-di-kota-pangkalpinang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm