Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung ( THINKSTOCKPHOTOS )

Bingung Mau Nabung Harus Mulai Dari Mana? Yuk Simak Tips Mudah Ini!

22 November 2023 20:58 WIB

SonoraBangka.id - Mendengar kata menabung dan berhemat, mungkin Anda sudah sangat bosan. Mudah dikatakan tapi sepertinya susah sekali dipraktekkan.

Ya sekilas, menabung merupakan kegiatan yang terkesan simpel dan mudah.

Kamu cukup menyisihkan beberapa persen dari uang pemasukan, lalu menyimpannya sebagai dana persiapan masa depan atau digunakan di lain waktu saat benar-benar dibutuhkan.

Namun, pada kenyataannya, menabung tidak semudah itu. Banyak orang gagal menabung karena beberapa alasan, mulai dari manajemen uang yang kurang tepat, kurang motivasi, sampai masih adanya kewajiban untuk membayar cicilan elektronik online.

Memiliki penghasilan besar pun tidak menjamin Sahabat NOVA bisa menabung dengan lancar. Tak sedikit orang berpenghasilan besar yang gagal menabung karena uang mereka telanjur dipakai untuk berbagai keperluan.

Meski tidak mudah, menabung tetap harus dilakukan demi menjaga stabilitas keuangan, terutama di masa-masa mendesak dan tak terduga.

Nah, buat Sahabat NOVA yang ingin mulai menabung, ada sejumlah cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan. Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Catat semua pengeluaran

Sebelum memutuskan untuk menabung, sebaiknya Anda membiasakan diri dulu untuk belajar mengatur arus keuangan secara konsisten. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengelola arus keuanganmu adalah mencatat pengeluaran.

Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengetahui untuk keperluan apa saja uang digunakan. Jadi, ketika pengeluaran membengkak, Anda dapat mengevaluasinya melalui catatan pengeluaran yang sudah dibuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm