Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage(Instagram @katrosgarage)
Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage(Instagram @katrosgarage) ( KOMPAS.COM)

Suplai Baterai Jadi Halangan Utama Untuk Program Konversi Motor Listrik

22 November 2023 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa keterbatasan suplai baterai masih menjadi halangan utama dalam program konversi motor berbahan bakar minyak ke listrik.

Oleh karenanya, salah satu instrumen pemerintah untuk mempercepat elektrifikasi itu masih sangat kecil, jauh dari harapan. Maka, diperlukan hal-hal yang akhirnya dalam mengakselerasi penyaluran komponen baterai.

"Kuncinya adalah ketersediaan baterai listrik yang memang terbatas sekali, harus ada kepastian mengenai keberadaan stok baterai listriknya karena kita belum bisa bikin sendiri," kata dia dalam Rapat Kerja Bersama Komisi VII DPR RI yang disiarkan daring, Selasa (21/11/2023).

Arifin menambahkan, hambatan lainnya yaitu terkait kebijakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Ia lantas meminta pihak dari Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) memberikan relaksasi TKDN komponen konversi motor listrik.

"Karena kita sama-sama di komisi VII ada ESDM, ada Perindustrian, mungkin ini bisa diharmonisasi bahwa TKDN sebaiknya bisa dikonsider," katanya.

Tim dari Kementerian ESDM pun sudah melakukan pendekatan dengan sejumlah perusahaan, dan mendapatkan respons positif.

Kendati demikian, Arifin juga mengaku ingin tetap mengutamakan produksi dalam negeri sehingga menurutnya perlu dibentuk peta jalan (roadmap) produksi komponen motor listrik di dalam negeri.

"Memang juga harus ada roadmap kapan bisa diproduksi di dalam negeri hingga kita bisa menggunakannya semaksimal mungkin. Prioritas pokoknya untuk apa yang tersedia di dalam negeri. Tapi memang baterainya yang gak ada," kata Arifin.

"Sementara kalau untuk konverter-nya, sudah ada. Motornya pun sudah," lanjut dia.

Diketahui, sampai 18 November 2023, realisasi anggaran Kementerian ESDM baru mencapai 59,03 persen masih terdapat deviasi -5,08 persen. Kondisi ini utamanya disebabkan kegiatan insentiv konversi motor BBM ke listrik nya belum optimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suplai Baterai Jadi Halangan Utama Program Konversi Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/22/184100815/suplai-baterai-jadi-halangan-utama-program-konversi-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm