Ilustrasi kaldu sapi.
Ilustrasi kaldu sapi. ( Dok. Shutterstock/Whiteaster)

Lakukan 2 Kali Perebusan, Berikut 5 Cara Buat Kaldu Iga Bening dan Bersih

23 November 2023 08:08 WIB

SonoraBangka.id - Sering mendapati kuah dari rebusan tulang atau iga sapi pada masakanmu keruh dan berbau tidak sedap? Ternyata, ada tips dan trik yang bisa kamu ikuti saat mengolah tulang sapi menjadi kaldu.

Tentu saja, kaldu tulang sapi ini cocok untuk bumbu kuah aneka masakan berdaging. Seperti sop iga, sop daging, hingga sop buntut. Dilansir dari majalah "Saji / ED 331 JUL 2015" (2015) oleh Saji terbitan Gramedia, simak dan ikuti cara membuat kaldu tulang sapi yang bening dan bersih tanpa adanya kotoran dan minyak yang mengapung. 

1. Lakukan perebusan sebanyak dua kali 

Dalam majalah tersebut menyarankan untuk melakukan perebusan dua kali. Rebusan pertama di dalam air mendidih.  Selama proses rebus tulang dan iga sapi, biarkan hingga mengeluarkan buih. Angkat dan buang rebusan. 

2. Rebus kembali dengan api sedang 

Setelah itu, masukkan kembali tulang dan iga sapi. Rebus hingga mendidih dan tulang setengah matang. Pastikan untuk selalu menggunakan api sedang selama proses rebus. 

3. Jangan tutup panci

Selain menggunakan api sedang, kunci membuat kaldu tulang sapi yang bening adalah jangan menutup panci selama proses rebus.  

4. Lakukan teknik skimming

Selain melakukan proses rebus dua kali, kamu juga bisa menggunakan teknik skimming yaitu membuang sisa darah atau busa. Jadi, rebus tulang hingga lemak atau darahnya naik ke permukaan.  Buang sedikit demi sedikit dengan sendok agar kaldunya bening dan tidak berkeruh. 

5. Bekukan kaldu di freezer

Setelah kaldu diangkat dari kompor, biarkan dingin di suhu ruang, kemudian bekukan di freezer. Iris dan buang bagian putihnya agar nanti waktu digunakan, kaldu jernih. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Kaldu Iga Bening dan Bersih, Lakukan 2 Kali Perebusan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/22/121300375/5-cara-membuat-kaldu-iga-bening-dan-bersih-lakukan-2-kali-perebusan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm