Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023(Dok. Ducati)
Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023(Dok. Ducati) ( KOMPAS.COM)

MotoGP Diusulkan Untuk Pakai Pola Transfer dan Degradasi ala Sepak Bola

23 November 2023 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kemenangan pertama pebalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio, di MotoGP Qatar 2023 membuka mata para pegiat balapan bahwa bursa pebalap MotoGP harusnya dibuat seperti sepak bola.

Pada dunia sepak bola, tim yang berada di klasemen paling bawah akan terdegradasi ke liga di bawahnya. Sedangkan di MotoGP tidak, pebalap yang berada di posisi paling bawah belum tentu terdepak dari tim.

Contohnya ialah di Giannantonio, musim depan dia dipastikan kehilangan kursi di Gresini Ducati. Sampai saat ini nasibnya belum jelas. Padahal secara klasemen dia bertengger di posisi ke-12 dengan 134 poin.

Secara kalkulasi poin di Giannantonio cukup bagus. Dari delapan pebalap yang memakai motor Ducati, ranking pebalap asal Italia itu berada di atas pebalap pabrikan Enea Bastianini di posisi ke-15.

Adapun saat ini tiga pebalap MotoGP dengan poin paling bawah ialah Pol Espargaro, Joan Mir, dan Raul Fernandez.

Frankie Carchedi, kepala kru Gresini mengatakan, sebetulnya MotoGP bisa membuat aturan seperti di sepak bola, yaitu pebalap terburuk bisa terlempar dari MotoGP dan digantikan pebalap terbaik dari Moto2.

“Saya cukup yakin dalam hal ini, dalam olahraga lain, seperti sepakbola, Anda akan mengalami degradasi jika Anda berada di bawah dan promosi jika Anda berada di puncak," kata Carchedi dilansir dari Crash, Kamis, (23/11/2023).

“Saya ingin sesuatu seperti itu! Jika Anda berada di tiga besar Moto2," katanya.

“Dia (di Giannantonio) berada di urutan ke-12 di MotoGP. Tampaknya tidak adil. Ada banyak politik. Anda hanya perlu melihat bagaimana perkembangannya saat ini dan dia pantas untuk bertahan,” katanya.

Selain soal degradasi pebalap, Sylvain Guintoli mantan pebalap kelas 250cc dan MotoGP, mengatakan, bursa transfer MotoGP lebih kaku dari olahraga yang lain.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm