Sebuah bendera Palestina dikibarkan di luar gedung BBC Skotlandia saat orang-orang mengambil bagian dalam demonstrasi untuk menunjukkan solidaritas terhadap Rakyat Palestina, di Glasgow pada 14 Oktober 2023
Sebuah bendera Palestina dikibarkan di luar gedung BBC Skotlandia saat orang-orang mengambil bagian dalam demonstrasi untuk menunjukkan solidaritas terhadap Rakyat Palestina, di Glasgow pada 14 Oktober 2023 ( ANDY BUCHANAN / AFP )

Tak Independen dan Pro ke Zionis Israel, Jurnalis BBC Bongkar Kebusukan Medianya Sendiri

25 November 2023 09:35 WIB

SonoraBangka.id - Belum lama ini jurnalis BBC membongkar kebusukan medianya sendiri terkait pemberitaan perang Israel dan Hamas Palestina.

BBC media asal Inggris tersebut dikritik oleh 8 orang jurnalisnya sendiri karena redaksinya tidak independen dan malah memihak ke Israel dalam pemberitaannya.

Bahkan ke 8 jurnalis BBC tersebut menilai redaksinya tidak paham bagaimana terjadinya pelanggaran HAM di Gaza Palestina.

Ribuan korban warga sipil di Palestina yang tewas tak dianggap, justru sebaliknya cenderung memihak ke zionis Israel.

Dikutip dari Aljazeera, 8 jurnalis tersebut memuat kritikannya dalam sebuah surat sebanyak 2.300 kata.

Mereka juga menuding BBC telah melakukan bias terkait pemberitaan soal invasi Rusia dan Ukraina.

Namun, para jurnalis yang enggan disebut identitasnya tersebut enggan untuk mengirim surat itu ke pihak eksekutif dari BBC.

Hal itu lantaran mereka meyakini surat tersebut tidak akan digubris.

Alhasil, surat itu pun dikirimkan ke Aljazeera agar disebarluaskan.

"BBC gagal menceritakan kisah ini (perang Hamas-Israel) secara akurat karena kelalaian dan kurangnya pemikiran kritis terkait Israel sehingga BBC gagal membantu masyarakat luas untuk terlibat dan memahami pelanggaran HAM yang terjadi di Gaza.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm