BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineT(BMW)
BMW Motorrad resmi memperkenalkan R12 dan R12 NineT(BMW) ( KOMPAS.COM)

Alasan Ban Motor Depan dan Belakang Memiliki Beda Ukuran

25 November 2023 20:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban merupakan salah satu komponen paling penting pada sepeda motor, sebab menjadi satu-satunya titik kontak antara kendaraan dan permukaan jalan.

Selain itu ban memiliki peran penting dalam pengendalian motor, karena dapat membantu menjaga stabilitas dan responsif terhadap pergerakan pengendara.

Tapi, tidak seperti kendaraan roda empat yang ukurannya sama. Pada ban belakang dan depan motor memiliki ukuran dan motif yang berbeda.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, perbedaan ini disesuaikan dengan peran dan tugas masing-masing ban dalam kinerjanya.

Untuk ban depan, dirancang untuk menjaga grip saat melakukan manuver dan mencengkram aspal saat pengereman.

Sedangkan ban belakang dirancang untuk menopang bobot motor dan penumpangnya, serta mengoptimalkan traksi ke aspal saat berakselerasi.

“Itu sebabnya ban depan memiliki ukuran lebih kecil dari ban belakang, karena fungsinya yang berbeda,” ucap Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, fungsi konstruksi ban depan dan belakang juga berbeda. Ban depan dibangun dengan konstruksi satu lapis yang lebih lunak, sedangkan ban belakang konstruksi dua lapisan lebih kuat.

Alur tapak pada ban depan dan belakang juga dibuat berbeda. Motor yang biasanya memiliki model alur telapak berbeda antara ban depan dan belakang adalah model sport atau motor gede.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC mengatakan, alur telapak ban berbeda bertujuan untuk menjaga pengereman pada motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm