Psikolog Melly Triani
Psikolog Melly Triani ( istimewa)

Pernah Terima Satu Caleg Stress Gegara Gagal di Pemilu, Psikolog Melly Triani Bagikan Tips Pencegahannya

2 Desember 2023 07:24 WIB

SonoraBangka.id - Melly Triani, seorang Psikolog Bangka Belitung, menjelaskan bagaimana seorang calon legislatif (caleg) berpotensi stress pasca pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Secara psikologis ada beberapa hal yang dapat terjadi apabila seseorang gagal meraih keinginannya termasuk menjadi caleg.

Tentunya, mulai dari rasa kecewa, sedih yang berkepanjangan, depresi, hingga mengalami gangguan kejiawaan.

Hal ini tentunya tidak sertamerta terjadi secara instan. 

Biasanya, caleg yang gagal dan memasuki fase gangguan kejiwaan memiliki riwayat klinis tertentu seperti masalah emosional, kepribadian ataupun tekanan psikologis lainnya. 

"Jadi dalam prosesnya, bukan berarti ikut menjadi caleg kemudian gagal langsung menjadi stress ataupun gila," kata Melly Triani, Jumat (1/12/2023).

Gagal dalam kontestasi pemilu hanyalah trigger atau pemicu seseorang mendadak mengalami gangguan jiwa karena tidak sesuainya harapan dan kenyataan yang diterima seseorang. 

Semakin tinggi harapan maka semakin besar pula emosi negatif yang dirasakan dan responsibility akan semakin ekstrem.

"Selama saya berpraktek hanya satu pasien yang konsultasi terkait stress karena gagal menjadi caleg, namun hal itu masih taraf sedang dan masih bisa dilakukan intervensi psikologi," katanya. 

Untuk mencegah terjadinya stress tersebut, Melly Triani menyampaikan banyak cara agar tidak mengalami gangguan kejiwaan, tentunya harus memiliki mental health yang baik. 

Nah, hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan diri berfikir positif, melakukan hoby ataupun berolahraga, mengapresiasi diri dengan memberikan reward buat diri sendiri, menjalin relasi yang positif, melatih kemampuan problem solving, mempunyai pengaturan waktu yang baik untuk istirahat, bekerja dan bersosialisasi.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Psikolog Melly Triani Pernah Terima Satu Caleg Stress Gegara Gagal di Pemilu, Ini Tips Mencegahnya, https://bangka.tribunnews.com/2023/12/01/psikolog-melly-triani-pernah-terima-satu-caleg-stress-gegara-gagal-di-pemilu-ini-tips-mencegahnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm