Ilustrasi MPASI 6 bulan pertama homemade, bubur labu kuning.
Ilustrasi MPASI 6 bulan pertama homemade, bubur labu kuning. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Sokor Space)

Berikut 8 Tips Membuat Bubur Saring untuk MPASI anak usia 7-8 Bulan

2 Desember 2023 18:25 WIB

SonoraBangka.id -  Mpasi merupakan makanan pertama untuk anak usia mulai enam bulan hingga 12 bulan. Memasuki usia 8 bulan anak bisa dikenalkan dengan bubur saring, teksturnya lembut, kental, dan menuju ke bentuk padat.

Bubur saring dapat dibuat dengan bahan utama biji-bijian, beras, bihun, oats, pasta, umbi-umbian, kacang-kacangan, ikan, daging, telur, lemak, buah dan sayur.

Simak tips membuat bubur saring untuk MPASI anak usia 7-8 bulan, dikutip dari buku "MP-ASI Bubur Saring: Makanan Harian Bayi Usia 8 bulan ke atas" (2019) karya Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan. MS, dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Pilih bahan bermutu baik

Pilih bahan dengan mutu baik dari umbi-umbian, sayuran, dan buah. Cuci dengan air mengalir, siangi atau kupas kulitnya, dan buang bijinya.

2. Cuci beras tidak sampai bening

Selanjutnya cuci beras secara tidak berlebihan (tidak sampai air cuciannya bening).

3. Cincang bahan agar cepat matang

Cincang daging, ikan, tempe, dan tahu untuk membantu proses pematangan.

4. Kukus ikan utuh tanpa duri

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm