Ilustrasi sop buntut sapi empuk.
Ilustrasi sop buntut sapi empuk. ( SHUTTERSTOCK/ Ika Rahma H)

Empuk dan Tidak Bau, Berikut Ini 3 Cara Masak Buntut Sapi

2 Desember 2023 18:33 WIB

SonoraBangka.id - Buntut sapi terdiri dari sebagian besar tulang dan daging. Potongan ini sering dijadikan sajian berkuah, goreng, atau bakar.

Mengolah buntut sapi harus tepat agar baunya tidak tersisa saat matang dan tekstur daging empuk ketika dimakan. Maria Suparno, salah satu pemilik Srasi Coffee & Eatery, menjelaskan cara mengolah buntut sapi agar tidak bau berikut ini.

1. Tidak perlu dicuci

Menurut Maria, hampir semua jenis daging memiliki pengolahan yang sama, yakni tidak perlu dicuci. Pencucian daging, khususnya daging sapi, dikhawatirkan menyebabkan penyebaran bakteri lebih luas. Hal ini membuat metode memasak buntut sapi menjadi penting karena menentukan tekstur dan aroma akhirnya.

2. Rebus dan buang airnya

Langsung masukkan buntut sapi ke dalam air mendidih dan rebus hingga mengeluarkan buih di permukaan rebusan. "Air rebusan pertama ini harus dibuang biar tidak bau," ujar Maria ketika ditemui Kompas.com di Srasi Coffee & Eatery pada Jumat (17/11/2023).

3. Rebus kembali dengan rempah

Buang air rebusan pertama, angkat dan tiriskan buntut sapi. Lanjutkan dengan merebusnya kembali. Bedanya, rebusan kali ini harus ditambahkan dengan bumbu dan rempah untuk menghilangkan sisa baunya. Maria mengatakan, buntut sapi harus direbus lama agar benar-benar empuk saat dimakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Buntut Sapi agar Empuk dan Tidak Bau ala Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/20/180600575/3-cara-masak-buntut-sapi-agar-empuk-dan-tidak-bau-ala-penjual.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm