Ilustrasi empal daging sapi goreng.
Ilustrasi empal daging sapi goreng. ( SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H)

Iris Searah Serat, Berikut 4 Cara Buat Empal Daging agar Tidak Keriput

3 Desember 2023 06:18 WIB

SonoraBangka.id - Empal daging bisa kamu buat dalam jumlah banyak untuk stok lauk makan. Cara masaknya cukup sederhana, biasanya empal dihidangkan dengan cara digoreng kering kemudian dihidangkan dengan sambal dan nasi putih. 

Namun, apa jadinya kalau empal goreng buatanmu memiliki tampilan yang tidak menarik saat dihidangkan. Misalnya, daging menjadi tidak rapi, keriput, dan menekuk-nekuk. 

Dilansir dari majalah Saji / ED 331 JUL 2015 terbitan Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa simak beberapa cara membuat empal daging goreng untuk hidangan lauk makan spesial. 

1. Pilih jenis daging yang tepat

Kamu bisa menggunakan jenis daging seperti daging sengkel. Bagian daging tersebut cocok untuk masakan semur.  Daging sengkel bisa digunakan untuk membuat empal daging karena memiliki lapisan putih yang mana berfungsi untuk melindungi daging. Lapisan tesebut bisa membuat daging tidak hancur walau dimasak lama. 

2. Iris daging dengan tepat

Cara membuat empal goreng yang rapi selanjutnya adalah iris daging mengikuti serat yang searah. Cara ini bisa membuat teksturnya rapi dan tidak alot saat dinikmati.  Lihat Foto Ilustrasi empal daging sapi goreng.

3. Rebus daging dalam keadaan utuh

Rebus empal sapi dalam keadaan utuh dengan bumbu empal yang sudah dihaluskan. Jangan potong dulu dan masak hingga 15-20 menit. Setelah itu, keluarkan daging dan potong, kemudian rebus kembali. 

4. Masukkan bumbu empal saat daging direbus

Beberapa orang mungkin membuat empal daging dengan merebus dagingnya dulu baru dibumbui dengan daun salam. Cara tersebut tidak salah dan bisa diikuti.  Namun, ada cara membuat empal daging dengan bumbu meresap yaitu semua bumbu halus empal dimasukkan saat daging direbus. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Empal Daging agar Tidak Keriput, Iris Searah Serat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/23/120700775/4-cara-membuat-empal-daging-agar-tidak-keriput-iris-searah-serat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm