Ilustrasi mentega.
Ilustrasi mentega. ( SHUTTERSTOCK/Smirnova Natalia)

Dari dari Hewani atau Nabati, Berikut 6 Jenis Lemak untuk Membuat Kue

3 Desember 2023 07:26 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu bahan penting yang biasanya digunakan untuk membuat aneka kue adalah lemak. Fungsi lemak untuk kue bisa memberikan rasa, aroma, kelembaban, dan kelembutan. 

Ada beberapa jenis kue yang umumnya digunakan melansir dari buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama.  

1. Mentega atau butter

Mentega atau biasa disebut juga dengan butter terbuat dari lemak hewani yaitu dengan memproses lemak susu menggunakan metode churning.  Mentega memiliki rasa yang kaya, tekstur yang lembut, serta aroma khas susu yang wangi. Namun, kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya. Pasalnya, mentega cepat leleh di suhu ruang.  Ada dua jenis mentega yaitu mentega tawar dan mentega asin. 

2. Margarin

Dari segi harga, margarin lebih ekonomis dibandingkan mentega. Margarin terbuat dari lemak tumbuhan sehingga rasanya lebih asin dan warnanya lebih kuning.  Selain itu, margarin juga lebih kokoh di suhu ruang. Namun secara umum, margarin bisa menggantikan mentega dalam adonan.  Walau bisa saling menggantikan, tetapi ada perbedaan rasa hingga tekstur agak berbeda saat menggunakan margarin sebagai pengganti mentega. 

3. Shortening

Shortening terbuat dari lemak tumbuhan. Ciri khas dari shortening adlaah warnanya putih bersih, tidak kekuningan seperti dua jenis lemak sebelumnya.  Kandungan lemak pada shortening bisa mencapai 100 persen, sementara margarin terdiri dari 80 persen lemak dan 20 persen air. 

Lihat Foto Sterol dan stanol adalah bahan kimia tanaman yang ukuran dan bentuknya mirip dengan kolesterol dan menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol. Sejumlah kecil sterol dari makanan nabati seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran.

4. B.O.S atau Butter Oil Substitute

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm