Ilustrasi berkendara saat hujan((Larmoyeux & Bone))
Ilustrasi berkendara saat hujan((Larmoyeux & Bone)) ( KOMPAS.COM)

Masuk Musim Hujan, Pengemudi Mobil Perhatikan Untuk Jarak Pandang

4 Desember 2023 17:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Pengemudi mobil mesti lebih waspada, apalagi bila berkendara saat kondisi hujan deras yang membuat jarak pandang terbatas.

Praktisi Keselamatan Jalan Raya dan sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat hujan lebat visibilitas dan daya cengkeram ban berkurang.

"Saat mengemudi pada hujan deras dan visibilitas berkurang apa yang harus dilakukan, pertama turunkan kecepatan, minimal 10 km dari kecepatan normal," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

"Mengapa mesti menurunkan kecepatan mimal 10 km, untuk memperbaiki kondisi normal sehingga jarak pandang kita masih mampu membuat kendaran berhenti," ujar Jusri.

Selain dari sisi teknis, Jusri mengatakan, pemilik mobil baiknya juga mulai membersihkan jamur di kaca sebab jamur dapat menahan laju air hujan sehingga air tidak gampang disapu wiper.

Kemudian, perhatikan kondisi wiper. Cek kekerasan karet wiper, jika sudah getas maka sebaiknya diganti. Kemudian, tak kalah penting yaitu tingkat kegelapan kaca film mobil.

Tak kalah penting, Jusri mengingatkan, pengguna jalan tol mesti waspada dengan aquaplaning saat musim hujan. Aquaplaning merupakan kejadian ketika ban mobil kehilangan cengkeraman ketika melewati genangan air dalam kecepatan tinggi.

"Pastikan umur ban yang baik, dan tekanan angin diperiksa, ganti ban yang sudah tidak layak atau gundul, perhatikan tekanan angin. Intinya persiapkan ban sebaik mungkin," ucap Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masuk Musim Hujan, Pengemudi Mobil Perhatikan Jarak Pandang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/093200215/masuk-musim-hujan-pengemudi-mobil-perhatikan-jarak-pandang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm