Ilustrasi jahe. Minum wedang jahe di pagi setelah bangun tidur memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.(PIXABAY/JOSEPH MUCIRA)
Ilustrasi jahe. Minum wedang jahe di pagi setelah bangun tidur memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.(PIXABAY/JOSEPH MUCIRA) ( KOMPAS.COM)

Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Konsumsi Jahe Setiap Hari

4 Desember 2023 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jahe menjadi salah satu rempah-rempah populer di Indonesia yang dapat dikonsumsi segar, dikeringkan, dijadikan bubuk, diparut, dan direbus.

Jahe sendiri banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan, minuman, dan bahkan untuk beberapa ramuan tradisional yang menyehatkan tubuh.

"Banyak herbal dan rempah-rempah tidak hanya memberikan rasa tetapi juga kaya akan antioksidan. Sedikit saja sudah cukup manfaatnya," kata ahli diet di Los Angeles dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Vandana Sheth, dikutip dari Healthdigest (2/12/2021).

Menurut Vandana, jahe juga mengandung gingerol, salah satu senyawa kuat dan pedas.

Senyawa tersebut tidak hanya memberikan rasa dan aroma khas pada jahe, tetapi juga mengandung sifat antioksidan yang penting bagi tubuh.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi jahe setiap hari?

Manfaat mengonsumsi jahe setiap hari

1. Kaya akan antioksidan yang melindung tubuh dari beberapa penyakit

Jahe kaya akan antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab beberapa penyakit berbahaya.

Berdasarkan tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, efek antioksidan yang diberikan oleh gingerol, serta senyawa lain dalam jahe dapat membantu melawan stres oksidatif secara signifikan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm